Mulai dari 26 Agustus s.d. 26 September 2021 Universitas Pendidikan Indonesia melakukan KKN online, seluruh mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini merupakan mahasiswa angkatan 2018. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka -- Pusat Prestasi Nasional yang memiliki tema "Mengembangkan Literasi (Literasi Baca dan Tulis, Numerasi, Sains, Digital, Finansial, Budaya dan Kewarganegaraan dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka -- Pusat Prestasi Nasional".
Namun adanya pandemi Covid--19 ini yang sudah  melanda hampir 2 tahun lamanya, sehingga menyebabkan kegiatan KKN ini dilakukan secara online yang bertujuan untuk mengurangi penularan Covid--19 ini. Banyak sekali pengaruh luar biasa yang disebabkan oleh pandemi ini yang membuat mahasiswa harus melakukan KKN disekolah maupun pada UMKM secara online. Pengaruh yang dirasakan salah satunya yaitu kegiatan Pembelajaran. Kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara online untuk menghindari terjadinya penularan virus antara murid dengan guru. Bahkan, wacana untuk sekolah tatap muka pada tahun ajaran 2021/2022 harus dibatalkan karena adanya peningkatan kasus masyarakat yang terinfeksi virus Covid-19. Banyak sekali anak-anak yang kecewa mengenai pembatalan ini namun pemerintah tidak ingin mengambil resiko, mereka berharap bisa bertemu teman-teman disekolah karena sudah lama sekali tidak bertemu, berkomunikasi pun hanya dilakukan melalui media sosial. Hasil survei yang saya dapatkan dari murid SDN 135 Turangga terdapat banyak siswa yang merasa jenuh dengan tugas yang diberikan karena semangat belajar berkurang sebab pembelajaran dilakukan dirumah masing masing. Banyak juga siswa yang sering telat mengumpulkan tugas karena banyak orang tua yang sibuk bekerja sehingga pengiriman tugas sering kali terlambat. Tetapi, siswa tetap bersemangat untuk menempuh cita-citanya, dengan diberikannya pengetahuan tentang pentingnya literasi dalam membaca dan menulis, sains dan juga numerik, siswa sadar atas pentingnya pengetahuan untuk mengejar cita-cita yang diinginkan.
Guru pun mulai kelelahan untuk menyampaikan pembelajaran seperti apa karena tidak semua siswa memiliki handphone atau laptop yang baik bahkan ada juga yang tidak memiliki handphone untuk pembelajaran daring. Bahkan guru dilatih untuk menjadi kreatif agar pembelajaran yang mereka buat terlihat menarik dan mudah dipahami. Karena media pembelajaran yang menarik serta mudah dipahami akan mempermudah siswa selama pembelajaran online berlangsung dirumah. Konten yang dibuat pun harus menarik minat belajar para siswa untuk keberlangsungan pembelajaran di sekolah. Guru pun merasa terbantu adanya kegiatan KKN yang dilakukan disekolah SDN 135 Turangga, mereka merasa terbantu sekali karena mahasiswa membuatkan video pembelajaran yang menarik, serta mahasiswa membantu administrasi guru seperti membuatkan tugas dan memeriksa tugas. Pembelajaran mulai dilakukan pada tanggal 20 September, saya dan teman--teman mahasiswa lainnya pun memiliki tugas untuk mendampingin siswa yang kesulitan dalam melaksanakan tugasnya, pendampingan ini pun dilakukan di Group Whatsapp namun untuk pendampingan lebih dilakukan di Personal Chat langsung kepada saya.
Referensi :
Teni Nurrita (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Andri Anugrahana (2020) Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H