PENERAPAN TEKNIK SHARING EXPERIENCES UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS 12 IPS 6 SMA NEGERI 1 MARGAASIH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DISCUSSION TEXT
BAB I
Pendahuluan
Harapan semua guru bahasa disetiap kelasnya adalah siswa berhasil menguasai empat keterampilan berbahasa, menyimak, membaca, berbicara dan menulis. Keempat keterampilan tersebut merupakan tujuan utama yang harus dicapai peserta didik. Namun, keempat kompetensi tersebut sangat berat bagi guru untuk mengantarkan peserta didiknya mencapai penguasaan tujuan utama dalam pembelajaran bahasa tersebut. Terutama pada pembelajaran bahasa inggris, sebagai bahasa asing bagi masyarakat Indonesia, merupakan tantangan besar bagi guru bahasa inggris itu sendiri untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam pembelajaran dan mencapai keempat kompetensi yang disebutkan diatas, lebih khususnya lagi pada keterampilan menulis yang membutuhkan kreatifitas dan inovasi lebih untuk memecahkan berbagai permasalahan yang menyeluruh.
1.1. Latar Belakang Masalah
Peserta didik di kelas 12 IPS 6 SMA Negeri 1 Margaasih memiliki karakteristik unik dan menarik untuk dikaji, karena mereka memiliki kepribadian yang baik, antusias dan komunikatif. Namun, kepribadian yang positif tersebut belum terakomodir untuk muncul pada pembelajaran bahasa inggris. Penyebabnya antara lain adalah kurangnya kepercayaan diri untuk terlibat aktif dalam pembelajaran bahasa inggris, disebabkan oleh penguasaan keterampilan mengkomunikasikan gagasan dalam bahasa inggris masih rendah, terutama dalam menyampaikan gagasan melalui tulisan dalam bentuk Discussion text.
Permasalahan ini harus segera diselesaikan melalui langkah-langkah pembelajaran yang menarik, bermakna dan berkelanjutan. Pembelajaran yang menarik akan mengikat emosi positif siswa pada saat mengikuti pembelajaran menulis Discussion text,1 sehingga mereka dapat fokus mencerna instruksi-instruksi pembelajaran dari teman sejawat, sumber-sumber pembelajaran, maupun dari guru secara langsung, terkait materi Discussion text.2 Proses pembelajaran yang menarik ini akan berhasil menanamkan kebermaknaan pembelajaran materi Discussion text dalam diri peserta didik. Namun, apabila langkah-langkah ini tidak segera dipikirkan dan dilaksanakan, maka peserta didik tidak akan memahami konsep belajar yang memberikan motivasi untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan berkomunikasi secara global melalui tulisan.
Diabad 21 sekarang ini, berbagai langkah-langkah pembelajaran alternatif sangatlah dibutuhkan untuk menghadapi perubahan lingkungan yang terus terjadi dengan cepat. Maka dari itu sebagai guru harus terus berinovasi dalam hal metode, teknik dan pendekatan pembelajaran mengikuti perubahan jaman. Pada best practice ini penulis menawarkan satu teknik pembelajaran writting of Discussion text melalui teknik Sharing experiences dengan menggunakan tiga media yaitu canva, Google Translate dan Instagram.3
1.2. Identifikasi Masalah
Masalah yang akan dieksplorasi pada makalah best practice ini adalah masalah yang muncul pada peserta didik kelas 12 IPS 6 SMA Negeri 1 Margaasih, yaitu Rendahnya jumlah peserta didik aktif dalam pembelajaran bahasa inggris dan kurang percaya diri dalam menyampaikan gagasan dalam pembelajaran bahasa inggris pada keterampilan menulis Discussion text.
1.3. Tujuan penyelesaian masalah