Mohon tunggu...
Ossa Ladaena
Ossa Ladaena Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Transformasi Pariwisata di Era Digital

18 Juni 2024   15:44 Diperbarui: 18 Juni 2024   16:03 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 httpsi0.wp./adsqoo.id/wp-content/uploads/2023/09/online-tiket.jpg

Pariwisata adalah salah satu sektor pertama yang mendigitalkan proses bisnis dalam skala global, menjadikan pemesanan penerbangan dan hotel online menjadi pionir digital. Era digital telah membawa perubahan signifkan di berbagai sektor termasuk industri pariwisata, dengan teknologi digital ini memberikan peluang besar, namun juga ada tantangan yang harus diatasi.

Teknologi digital memungkinkan destinasi pariwisata untuk meningkatkan pengalaman para wisatawan,  memudahkan para wisatawan untuk mengakses berbagai informasi dengan mudah dan cepat. Industri pariwisata juga sangat berkembang dengan adanya pemasaran digital yang cepat, destinasi wisata , hotel, maskapai penerbangan menggunakan sosial media, dan konten berbasis video untuk mencapai audiens global dengan ini sangat memungkinkan untuk menarik lebih banyak wisatawan dan mempromosikan destinasi wisata secara efektif.

Meskipun era digital telah membuka peluang baru dalam industri pariwisata ini juga dapat menimbulkan permasalahan yaitu, ketergantungan pada teknologi yang berlebihan jika sistem mengalami gangguan atau serangan cyber hal ini dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi perusahaan pariwisata dan rasa tidak nyaman bagi wisatawan sehingga perusahaan harus memastikan bahwa mereka mematuhi regulasi perlindungan data dan menjaga privacy pelanggan. 

Selain itu Era digital juga mempermudah masuknya pemain baru dalam industri pariwisata menciptakan persaingan yang semakin ketat sehingga perusahaan harus terus berinovasi. Industri pariwisata mengalami transformasi yang signifkan dalam era digital dengan menawarkan peluang besar untuk menciptakan pengalaman wisata yang lebih mudah, mdan memuaskan bagi para wisatawan. 

Pemesanan secara online, perencanaan perjalanan yang mudah, pengalaman wisata yang ditingkatkan serta pemasaran digital mampu mengubah cara wisatawan untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata. Namun, tantangan yang muncul seiring perkembangan teknologi tidak bisa diabaikan begitu saja. Industri pariwisata harus mampu mengatasi isu-isu ketergantungan pada teknologi yang berlebihan, privacy data, dan persaingan yang semakin ketat kedepannya.

Semua pihak yang terlibat dalam industri pariwisata harus berinovasi beradaptasi dengan adanya perubahan ini melalui inovasi yang tepat dan bekerja sama untuk mengatasi tantangan ini memastikan bahwa era digitalisasi ini memberikan manfaat yang inklusif bagi semua pihak yang terlibat agar industri juga terus berkembang secara berkelanjutan di era digital ini.

Referensi :

Adsqoo. 2023. "Industri Pariwisata di Era digital: Transformasi dan Tantangan." Retrieved Mei 29, 2024, from

https://adsqoo.id/industri-pariwisata-di-era-digital-transformasi-dan-tantangan-/

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 2023. "Strategi Digital Tourism dalam Menggaet Wisatawan." Retrieved Mei 29, 2024, from

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun