Rencana Bisnis : Warung makan “Opor Ayam”
I.Dekripsi usaha
A.Data Perusahaan
Nama: Warung makan “OPOR AYAM”
Tempat: Jalan Brigjend. Katamso Waru Sidoarjo
Basis Operasi: Sidoarjo-Surabaya
Bentuk usaha : Usaha mandiri kecil dan menengah (UMKM)
B.Data Pengusaha
Nama: Ahmad Ali Akbar Muh
TTL: Surabaya, 16-11-1996
Pendidikan: Sedang menempuh S1 program studi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga
Alamat: Berbek II no 3A Waru Sidoarjo
C.Struktur Organisasi dan Job discription
1.Pimpinan (Manager)
·Pemilik sekaligus pimpinan
·Bertanggung jawab terhadap jalannya usaha
·Pengambil keputusan
2.Bagian produksi
·Kepala bagian produksi mengkondisikan pekerja bawahannya untuk bekerja
·Bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi
·Bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen
3.Bagian pengadaan bahan baku
·Mencari informasi keberadaan bahan baku
·Melakukan pembelian bahan baku
·Menjaga mutu bahan baku
4.Bagian keuangan
·Melakasanakan kegiatan keuangan dan administrasi
·Mencatat pembukuan keuangan
·Bertanggng jawab terhadap sistem keuangan
5.Bagian pemasaran
·Mempromosikan
·memasarkan
·Menanggapi komplain kosumen
D.Alasan pemilihan bisnis
Usaha warung makan “OPOR AYAM” ini dipilih karna makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi sehingga semua orang pasti membutuhkan. Selain itu dalam 1 porsi opor ayam terdapat 415 kalori: 75%lemak, 6 % karbohidrat, 19%protein.
II.Analisis pemasaran
1.Produk
Produk utama yang direncanakan untuk diproduksi adalah makanan pokok berupa opor ayam. Selain itu ada produk tambahan seperti beberapa makan pokok lainnya, minuman, dan juga camilan/gorengan.
2.Tempat
Usaha warung makan “OPOR AYAM”akan bertempat di Jalan Brigjend. Katamso Waru Sidoarjo. Sasaran utamausaha ini adalah para mahasiswa UNSURI dan juga masyarakat sekitar.
3.Harga
Harga dari makanan berkisar antara 5.000-15.000, Dengan harga yang pas dikantong itu kami berharap banyak mahasiswa yang makan di warung kami.
III.Analisis operasional
1.Bahan baku
Bahan :
·tentunya 1 ekor ayam , (1 kg aja untuk percobaan) ukuran sesuai kebutuhan
·250ml santan kental
·750ml santan encer
·mentega secukupnya
Bumbu :
·2 lbr daun salam
·lengkuas, jahe, ukuran 1,5 ruas jempol tangan, kemudian di potong jadi 2 bagian lalu di tumbuk sampai memar
·3 btng serai , gunakan putihnya saja.
·lada bubuk putih, sedikit gula pasir, lalu garam
·haluskan bumbu diantaranya 12 siung bawang merah, 3 siung bawang putih , 4 buah kemiri, 2 sdt ketumbar yang telah di sangrai, kunyit, jahe & teh jintan secukupnya.
2.Proses Produksi
Cara memasak :
1.tumis margarin / mentega
2.tumis bumbu yang sudah dihaluskan
3.masukkan jahe, lengkuas , daun serai, daun salam , aduk hingga harum merata
4.masukkan daging yang sudah dipotong-potong sampai warna ayam berubah
5.masukkan santan encer, masak sampai mendidih
6.masukkan santan kental , garam , gula pasir, lada putih bubuk, aduk hingga mendidih & matang
7.pindahkan opor ayam ke mangkuk atau wadah. Opor ayam siap dihidangkan.
IV.Analisis SWOT
1.Strengths (Kekuatan)
a). Peluang usaha cukup menjanjikan karena sekarang ini opor ayam sudah jarang kita temui di beberapa warung makan lainnya
b). Harga makanan yang dijual murah meriah
c). Lokasi usaha sangat strategis, dekat terminal dan kampus
2. Weaknesses (Kelemahan)
a). Selera konsumen yang selalu berubah-rubah
b). Banyak pesaing usaha warung makan
c).Kurang modal
3.Opportunities (peluang)
a). Lokasi sangat strategis memudahkan kita memperoleh banyak pelanggan
b). Harga yang lebih murah dari pesaing lainnya
c).Belum ada warung makan yang menjual opor ayam di sekitar lokasi usaha
4.Threats (ancaman)
a). Selera konsumen yang selalu berubah-rubah
b). Banyak pesaing usaha
c).Kurang modal
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H