Mohon tunggu...
Ahmad Ali Akbar
Ahmad Ali Akbar Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

saya Ahmad Ali Akbar dari Surabaya, saya suka menulis karna dengan menulis kita bisa berbagi pengetahuan dengan orang lain. Dan saya berharap hasil tulisan say bisa bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Money

Contoh Business Plan

14 Oktober 2014   04:51 Diperbarui: 17 Juni 2015   21:08 7442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Rencana Bisnis : Warung makan “Opor Ayam”

I.Dekripsi usaha

A.Data Perusahaan

Nama: Warung makan “OPOR AYAM”

Tempat: Jalan Brigjend. Katamso Waru Sidoarjo

Basis Operasi: Sidoarjo-Surabaya

Bentuk usaha : Usaha mandiri kecil dan menengah (UMKM)

B.Data Pengusaha

Nama: Ahmad Ali Akbar Muh

TTL: Surabaya, 16-11-1996

Pendidikan: Sedang menempuh S1 program studi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga

Alamat: Berbek II no 3A Waru Sidoarjo

C.Struktur Organisasi dan Job discription

1.Pimpinan (Manager)

·Pemilik sekaligus pimpinan

·Bertanggung jawab terhadap jalannya usaha

·Pengambil keputusan

2.Bagian produksi

·Kepala bagian produksi mengkondisikan pekerja bawahannya untuk bekerja

·Bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi

·Bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen

3.Bagian pengadaan bahan baku

·Mencari informasi keberadaan bahan baku

·Melakukan pembelian bahan baku

·Menjaga mutu bahan baku

4.Bagian keuangan

·Melakasanakan kegiatan keuangan dan administrasi

·Mencatat pembukuan keuangan

·Bertanggng jawab terhadap sistem keuangan

5.Bagian pemasaran

·Mempromosikan

·memasarkan

·Menanggapi komplain kosumen

D.Alasan pemilihan bisnis

Usaha warung makan “OPOR AYAM” ini dipilih karna makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi sehingga semua orang pasti membutuhkan. Selain itu dalam 1 porsi opor ayam terdapat 415 kalori: 75%lemak, 6 % karbohidrat, 19%protein.

II.Analisis pemasaran

1.Produk

Produk utama yang direncanakan untuk diproduksi adalah makanan pokok berupa opor ayam. Selain itu ada produk tambahan seperti beberapa makan pokok lainnya, minuman, dan juga camilan/gorengan.

2.Tempat

Usaha warung makan “OPOR AYAM”akan bertempat di Jalan Brigjend. Katamso Waru Sidoarjo. Sasaran utamausaha ini adalah para mahasiswa UNSURI dan juga masyarakat sekitar.

3.Harga

Harga dari makanan berkisar antara 5.000-15.000, Dengan harga yang pas dikantong itu kami berharap banyak mahasiswa yang makan di warung kami.

III.Analisis operasional

1.Bahan baku

Bahan :

·tentunya 1 ekor ayam , (1 kg aja untuk percobaan) ukuran sesuai kebutuhan

·250ml santan kental

·750ml santan encer

·mentega secukupnya

Bumbu :

·2 lbr daun salam

·lengkuas, jahe, ukuran 1,5 ruas jempol tangan, kemudian di potong jadi 2 bagian lalu di tumbuk sampai memar

·3 btng serai , gunakan putihnya saja.

·lada bubuk putih, sedikit gula pasir, lalu garam

·haluskan bumbu diantaranya 12 siung bawang merah, 3 siung bawang putih , 4 buah kemiri, 2 sdt ketumbar yang telah di sangrai, kunyit, jahe & teh jintan secukupnya.

2.Proses Produksi

Cara memasak :

1.tumis margarin / mentega

2.tumis bumbu yang sudah dihaluskan

3.masukkan jahe, lengkuas , daun serai, daun salam , aduk hingga harum merata

4.masukkan daging yang sudah dipotong-potong sampai warna ayam berubah

5.masukkan santan encer, masak sampai mendidih

6.masukkan santan kental , garam , gula pasir, lada putih bubuk, aduk hingga mendidih & matang

7.pindahkan opor ayam ke mangkuk atau wadah. Opor ayam siap dihidangkan.

IV.Analisis SWOT

1.Strengths (Kekuatan)

a). Peluang usaha cukup menjanjikan karena sekarang ini opor ayam sudah jarang kita temui di beberapa warung makan lainnya

b). Harga makanan yang dijual murah meriah

c). Lokasi usaha sangat strategis, dekat terminal dan kampus

2. Weaknesses (Kelemahan)

a). Selera konsumen yang selalu berubah-rubah

b). Banyak pesaing usaha warung makan

c).Kurang modal

3.Opportunities (peluang)

a). Lokasi sangat strategis memudahkan kita memperoleh banyak pelanggan

b). Harga yang lebih murah dari pesaing lainnya

c).Belum ada warung makan yang menjual opor ayam di sekitar lokasi usaha

4.Threats (ancaman)

a). Selera konsumen yang selalu berubah-rubah

b). Banyak pesaing usaha

c).Kurang modal

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun