Mohon tunggu...
Oscar Pangaribuan
Oscar Pangaribuan Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Belajar menulis! Penikmat Traveler!

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Kisah Perjalanan Hidup BlackBerry

16 Agustus 2013   17:10 Diperbarui: 24 Juni 2015   09:14 2055
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13766474541286769349

Kehadiran Blackberry di Dunia ponsel membuat terobosan baru kala itu, Blackberry di anggap sebai salah satu pelopor ide smartphone di Dunia. Mereka memperkenalkan ke Dunia dengan menggusung cara berkomunikasi yang bagus melalui ponsel. Kehadirannya membawa kesan tersendiri bagi penggiat smartphone di Dunia, terutama pada fitur Chatnya yang mana disebut BBM, selain itu layanan email, swap dokumen, dan surfing internet. Hal itulah membuat Perusahaan asal pembuat Blanckberry makin diminati di seluruh Dunia.

Itulah alasan kala itu bahwa BlackBerry OS mencatat penggunaan mobile Internet lebih tinggi dibandingkan iOS dan vendor laiinya. Bahkan di Pasar Amerika Blackberry dapat menguaasai pasar smartphone sebesar 44 persen yang jauh di atas Apple dan Lainnya. Pada masa keemasannya, tepat pada Tahun 2007 Saham Blackberry begitu mahal di Bursa Amerika Serikat, dengan perkiraan 236 dolar. Keemasan Saham Blackberry itu tepat pada bulan Agustus 2007.

Saat ketika seri 6000 BlackBerry diperkenalkan pada tahun 2003 di AS , itu adalah salah kemajuan besar dalam teknologi ponsel dan beberapa waktu kemudian kemasan perusahaan mulai nampak . Keemasan Blackberry juga dirasa di Indonesia pada Tahun 2008 meskipun sebenarnya ponsel ini sudah diperkenalkan pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat,namun belum mendapat hati di masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia menganggap  ponsel smartphone ini adalah tercanggih saat itu, serta fiturnya yang menyenangkan penggunannya. Di Eropa dan Amerika saat itu Blackberry menjadi sebuah ponsel yang sangat terkenal.Kemampuan Blackberry  menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia. Kelebihan lain dari ponsel ini, memiliki sebuah aplikasi yang memungkinkan sesama pengguna blackberry untuk berbicara,mengirim foto,mengirim lagu maupun mengirim pesan suara yang kenal dengan Blackberry Mesengger ( BBM ). Orang-orang berbondong-bondong ingin memilikinya di Berbagai Negara di Dunia ini. Kompetisi Dimulai dan Cepat di Geroti Saat Blackberry merasa jadi raja ponsel di AS, Januari 2007 Apple memperkenalkan produk barunya yang disebut iPhone di Moscone Center di San Francisco. Saat iPhone diperkenalkan, para eksekutif Blackberry bahkan mengomentarinya dengan nada sindiran (nada yang menganggap iPhone tak mungkin diminati oleh Masayarakat). Kala itu Eksekutif Blackberry mengatakan bahwa iPhone tak akan diminati oleh kalangan bisnis dan juga pemerintahan karena tidak memiliki keyboard alias touchcreen. Selang beberapa tahun berikutnya Apple pun mulai mengejar keuasaan BlackBerry dan Apple menyusul di bawahnya untuk penguasaan di pasar ponsel pintar.  Serta Google Android diam-diam juga mencatat pertumbuhan cepat di pasar AS. Disinilah dimulai kompetisi, Kala itu pertumbuhan Apple iPhne bgitu cepat disusul juga Android yang begitu cepat pertumbuhannya di AS. Bahkan beberapa tahun berikutnya pengguna Blackberry mulai meninggalkannya dan beralih ke Vendor lainnya.

Saat Blackberry kalah di AS dan Eropa, perusahaan berkomitmen untuk melakukan fokus baru ke Benua Asia dan Amerika Latin serta mennyadari bahwa Touchcreen besutan Apple malah makin di minati konsumen, dan perusahaan asal Kanada inipun memunculkan produk barunya dengan layar touchcreen tepat pada bulan November 2008 yang dinamai BB Storm. Perusahaan juga kemudian berbalik fokus ke Asia dan Amerika Latin, di mana pasar smartphone terus meledak. Selama beberapa bulan, strategi bekerja. Di Indonesia sendiri, di mana perusahaan bisa meraup empat puluh tujuh persen dari pasar dengan semester pertama tahun 2011, naik dari hanya sembilan persen pada semester pertama tahun 2009, menurut perusahaan riset Canalys. Saat iOs Apple dan Google Android menang di AS dan Eropa, justru sebaliknya Blackberry unggul di Asia dan Negara lainnya. Itulah sebabnya mereka memnfokuskan ke Asia.

Kompetisi Ke Asia-pun dimulai oleh Apple iOs dan Google Android saat BlackBerry pemain yang paling mengejutkan di Indonesia dimana Indonesia tetap wilayah yang paling penting bagi pasar BlackBerry, bayangkan saja satu dari lima BlackBerry yang terjual di seluruh dunia adalah dijual di Indonesia. Dan sementara Nokia (NOK) pangsa pasar telah menyakitkan. PadaTahun 2012 Kompetisi masuk ke Indonesia, Tahun itu Blackberry kalah telak dari Android Samsung. Berikut dara Grafiknya dari Laporan data IDC 2012:

  • ·Samsung adalah pemimpin pasar Smartphone
  • ·Merek lokal dan Merek Cina mengekor dibawah
  • ·BlackBerry kehilangan pangsa pasar
  • ·Pangsa pasar Apple masih kecil
  • ·Windows Phone

Kesuksesan itu cepat dan dengan cepat kehilangan pangsa pasar di Indonesia serta di belahan Dunia, menyakitkan sekali memang untuk perusahaan yang memelopori samartphone ini. Akibat dari kalah kompetisi,tepat pada awal Mei 2012 Produsen smartphone BlackBerry, mengumumkan akanmelakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya. Restrukturisasi ini dilakukan untuk menghemat keuangan perusahaan sekitar 1 miliar dollar AS tahun dan menargetkan akan ada PHK signifikan di tahun 2012 lalu. Saat itu Laba pada kuartal pertama sangat turun drastic, dan itulah alasan mereka untuk “merampingkan” perusahaannya.

Setelah itu tepat pada Januari 2013 ini Perusahaan Asal Kanada inimemperkenalka produk barunya yang disebut BB10 dan Z10. Disini Perusahaan menargetkan akan mulai menyakinkan konsumen bahwa produknya tak kalah saing dengan vendor lainnya. Tapi lagi-lagi produk keluaran terakhir mereka tak mampu menguntungakn atau membantu perusahaan keluar dari keterpurukan. Bahkan, Dalam kuartal terakhir, ponsel BlackBerry hanya 6,8 juta terjual di seluruhnya da itu artinya bahwa sekitar seperlima dari apa yang Apple dijual selama periode yang sama.

Keterpurtukan mereka menimbulkan rumor-rumor yang tak sedap, sebelum 2013 rumor pernah muncul bahwa perusahaan akan dijual. Namun tepat pada 12 Agustus 2013: Dewan Direksi BlackBerry kemarin mengumumkan telah membentuk komite khusus yang juga bertugas untuk menangani penjualan perusahaan. Inilah kenyataannya bahwa Blackberry telah kalah telah dari Apple dan Android (meskipun memang sudah lama kalah).

Dalam beberapa bulan ini, Saham BlackBerry memang hancur setelah hilang pendapatan dan ketika CEO Blackberry bertekad menolak untuk memberikan data keungan untuk kuartal terakhir. Sejak itu, saham rendah dan turun terus . Hal tampak suram bagi perusahaan adalah saat pemegang saham melarikan diri”. Bahkan menurut Scottrade, tidak ada orang dalam membeli saham dalam lima tahun terakhir, dan itu tandanya bahwa blackberry makin dipandang sebelah mata, yang walaupun pasar dalam beberapa tahun ini diperdagangkan tampaknya melemah akibat dari krisis. Lihat tabel di bawah disediakan oleh Scottradebahwa saham Blackberry makin tahun makin menurun drastis selalama lima tahun:

[caption id="attachment_259997" align="aligncenter" width="625" caption="(Di ambil dari scottrade.com)"][/caption] Saat ini Blackberry akan dijual atau patungan, kita tidak tahu siapa yang akan berminat membelinya. Namun ada kalanya kita melihat peristiwa penting dalam Perusahaan Asal Kanada ini yaitu BlackBerry: Berikut adalah tonggak penting dalam sejarah perusahaan:

  • Februari 1985: Mike Lazaridis dan Douglas Fregin co memulai perusahaaan dengan nama Research In Motion (RIM) sebagai bisnis elektronik dan ilmu komputer yang berbasis di Waterloo, Ontario.
  • 1992: Jim Balsillie bergabung dengan RIM sebagai co-CEO, menggadaikan rumahnya dan menginvestasikan uangnya sebesar $ 250.000.
  • 1994: RIM meluncurkan kartu point-of-sale , yang bias memverifikasi transaksi debit dan kredit langsung ke bank.
  • 1995: RIM membangun modem radio sendiri untuk e-mail.
  • 1997: RIM terdaftar di Bursa Efek Toronto.
  • Januari 1999: RIM meluncurkan layanan e-mail BlackBerry di Amerika Utara, menawarkan perangkat nirkabel pertama untuk melakukan sinkronisasi dengan sistem e-mail perusahaan. Penjualan melonjak 80 persen. Dan Pendapatan tahun kedepannya mencapai $ 221,000,000.
  • Akhir 1999: RIM memperkenalkan BlackBerry 850 Wireless Handheld, menggabungkan e-mail, jaringan data nirkabel dan "Qwerty" keyboard tradisional. Permintaanpun meledak.
  • 2002: RIM menambahkan transmisi suara ke BlackBerry.
  • 2004: basis pelanggan RIM melampaui 1 juta pengguna BlackBerry.
  • Mei 2008: RIM memperkenalkan BB Bold, Yang di desain ulang dan masih salah satu produk papan atas..
  • November: RIM meluncurkan BlackBerry Storm touchscreen nya.
  • Agustus: RIM meluncurkan BlackBerry Torch, ponsel layar sentuh dengan keyboard slide-out dan meningkatkan browser web.
  • April 19, 2011: RIM meluncurkan Playbook.
  • 22 Januari 2012: Perusahaan menunjuk Thorstein Heins sebagai CEO.
  • 29 Mei: RIM mengatakan telah menyewa bankir untuk menilai strategis Perusahaan dan memperingatkan bahwa kemungkinan akan melaporkan kerugian operasional pada fiskal kuartal pertama.
  • 30 Januari 2013: CEO Toms Heins secara resmi memperkenalkan BlackBerry 10 dan Heins mengumumkan bahwa perusahaan berubah nama menjadi BlackBerry.
  • 12 Agustus 2013: BlackBerry mengatakan telah membentuk sebuah komite untuk meninjau pilihan menjual atau melakukan patungan.

Setelah 6 tahun dimulai kompetisi tepat pada 2007 saat Apple memperkenalkan iPhone, sampai saat ini Blackberry benar-benar "mati". Tak hanya Apple lawannya ikut juga Samsung dengan Google Androidnya. Hanya kita saat ini menunggu siapa kah yang berminat untuk membelinya?dan siapa ikut  patungan dengan perusahaan asal Kanada ini?. Entahlah..Namun Catatan diatas menceritakan kisah tentang Blackberry. Selamat Tinggal BlackBerry Ltd, Semoga pembelimu tepat dan cepat!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun