Mohon tunggu...
Oryza Sativa
Oryza Sativa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kalopsia_

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Sosial Media dalam Mempromosikan Suatu Produk

30 Juni 2024   23:45 Diperbarui: 30 Juni 2024   23:56 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Pribadi Penulis

PENTINGNYA SOSIAL MEDIA DALAM MEMPROMOSIKAN SUATU PRODUK

Siapa yang tidak kenal dengan media sosial atau yang sering disebut sebagai sosial media? Media Sosial adalah platform online yang memungkinkan pengguna berbagi informasi dengan orang lain melalui teks, gambar, video dan lain sebagainya (Ademola Abimbola: 2023). Hampir semua orang di dunia menggunakan Sosial Media. Para pembisnis online maupun ofline menggunakan sosial media sebagai sarana promosi. Dengan begitu, produknya akan dikenal oleh masyarakat luas sehingga menaikkan hasil penjualan. Tak hanya itu, promosi melalui media sosial juga dianggap lebih murah dibandingkan dengan sarana promosi koran dan sejenisnya.

Seperti yang dilakukan oleh sebuah toko ofline dengan merek produk “UWAIS DONAT” dengan owner Ridho Algifari. Saudara Ridho menjelaskan bahwa penghasilannya semakin meningkat setelah dia mempromosikan donatnya di Sosial Media. “Dari yang awalnya hanya warga sekitar dan pengendara yang lewat jalan ini, menjadi masyarakat yang terbilang jauh rumahnya order di kita kak berkat Sosial Media. Karena kami menggunakan Facebook, Instagram, dan Whatsapp” ujarnya. Saya bertanya “Apakah ketika ada customer yang memesan melalui media sosial harus DP dulu?”. Saudara Ridho menjawab “Tidak harus kak. Mereka tinggal menentukan waktu mereka mengambilnya saja” jawabnya. Saya bertanya lagi, “Apakah tidak takut ditipu Mas? Kalo pakai DP dulu kan si customer bisa memberatkan agar mengambil pesanannya”. Saudara Ridho Menjelaskan “Memang ada yang seperti itu. Tapi kita display pesanan tersebut di hari yang sama. Karena kita memproduksi donut setiap hari, dan sisa donat akan kami buang untuk menjaga kualitas. Jadi semua jualan kami fresh” ujarnya.

Dari keterangan Saudara Ridho kita bisa menyimpulkan bahwa mempromosikan produk di Sosial Media sangatlah menguntungkan. Baik itu dari pihak penjual (penghasilan meningkat) maupun pembeli (mudah untuk mencari sesuatu yang diminati). Maka dari itu sudah tidak zaman lagi berjualan hanya mengandalkan toko ofline dan mangkal-mangkal saja. Kita tidak boleh terlalu jauh tertinggal di belakang sana. Mari Upgrade bisnis kita dengan mempromosikannya di Sosial Media.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun