1.4.a.4.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi
TUJUAN PEMBELAJARAN :
- CGP dapat menjelaskan dan menganalisis Teori Motivasi dan Motivasi Intrinsik yang dituju, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya.
- CGP dapat menjelaskan konsep hukuman dan penghargaan, dan konsep pendekatan restitusi.
- CGP dapat melakukan pengamatan dan peninjauan atas praktik penerapan konsep-konsep tersebut di lingkungannya sendiri
Salam Bahagia Bapak/Ibu Guru Penggerak.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan jejak  pembelajaran di alur eksplorasi konsep modul 1.4 tentang Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal.  Kali ini saya akan berbagi kembali sebuah catatan pembelajaran lanjutan di alur Eksplorasi Konsep Modul 1.4 Budaya Positif - Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi. Berikut ini adalah catatan pembelajarannya sebagai pengingat diri dan mempermudah pencarian jika suatu saat nanti saya membutuhkannya kembali.
PAGE 1
Teori Motivasi dan Motivasi Intrinsik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Motivasi intrnsik merupakan motivasi yang timbul dari diri seseorang, tidak perlu adanya rangsangan dari luar. Dari dalam diri seseorang sudah ada dorongan yang menimbulkan mereka untuk melakukan sesuatu. Motivasi intrinsik timbul karena keinginan diri sendiri, karena hobi atau karena kesadaran diri sendiri. Motivasi intrinsik juga didorong dari tujuan kegiatan yang dilakukan. Sebagai contoh adalah kegiatan belajar. Belajar tentu memiliki tujuan yaitu ingin pandai dan mendapatkan nilai yang lebih baik. Seorang siswa yang belajar dengan sungguh-sungguh karena mereka ingin mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Motivasi intrinsik bisa dikatakan sebagai bentuk motivasi yang di mulai dari dorongan dari dalam diri untuk mendapatkan sesuai yang penting dari kegiatan belajar tersebut.
Konsep hukuman dan penghargaan, dan konsep pendekatan restitusi.
Pembelajaran adalah proses yang kompleks, jadi perlu pendekatan yang tepat agar tercipta lingkungan belajar yang efektif. Dalam proses pembelajaran, penghargaan dan hukuman adalah dua aspek penting yang harus diperhatikan. Keduanya dapat memberikan dampak besar pada motivasi dan perilaku siswa dalam belajar.
Penghargaan adalah bentuk pengakuan atas pencapaian siswa dalam belajar. Memberikan penghargaan kepada siswa dapat meningkatkan motivasi belajar dan memberikan rasa percaya diri pada siswa. Penghargaan juga dapat memotivasi siswa untuk terus berusaha dan lebih berprestasi. Penghargaan dapat diberikan dalam bentuk pujian, hadiah, atau bentuk lain yang sesuai dengan prestasi siswa.
Hukuman adalah bentuk konsekuensi atas perilaku siswa yang tidak sesuai dengan aturan atau norma yang berlaku. Hukuman dapat membantu membentuk perilaku siswa agar lebih baik dan mengurangi perilaku negatif. Namun, hukuman juga dapat memiliki dampak negatif jika tidak diberikan dengan tepat.