Mohon tunggu...
Hadi Putra
Hadi Putra Mohon Tunggu... Hoteliers - Pekerja

Indie Worker

Selanjutnya

Tutup

Money

Dikomplain Gara-gara Credit Card Verification

20 Oktober 2012   15:35 Diperbarui: 24 Juni 2015   22:35 5485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_205108" align="alignnone" width="300" caption="kartu kredit. sumber gambar www.japanese-credit-card.com"][/caption] Bekerja didunia hotel, dibagian akunting, seringkali mendapat keluhan/complain dari tamu yang mengaku dana di kartu kreditnya tertahan, menggantung, ataupun terpotong gara-gara proses Card Ver, bahkan ada yang pernah mengancam akan menulis surat pembaca di sebuah portal nasional jika transaksi tersebut tidak dibatalkan atau dananya dikembalikan dalam waktu tertentu. Wah, serem juga ya... Tapi syukurlah, setelah diberikan penjelasan dan proses yang kita ajukan ke bank bisa dijalankan sesuai jadwal, keluhan tersebut tidak berlanjut. Lewat kompasiana, saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai credit card verification (card ver) yang dilakukan di hotel. Semoga bermanfaat, terutama bagi Anda para pemegang kartu kredit dan staf hotel bagian depan (front office). Credit Card Verification atau lazim kita sebut Card Ver, adalah satu proses klarifikasi ketersediaan dana sekaligus pemblokiran dana di kartu kredit yang berfungsi sebagai deposit. Prosesnya mirip seperti transaksi Sale, hanya saja transaksi Card Ver ini tidak akan ditagihkan sebagaimana transaksi Sale meskipun telah masuk tanggal penagihan. Benar bahwa Card Ver akan mengurangi limit kartu kredit Anda, tetapi transaksi Card Ver hanya akan ditagihkan oleh pihak bank penerbit kartu apabila pihak hotel/merchant sudah melakukan proses yang namanya Offine Sale yang dilanjutkan dengan proses Settlement. Card ver pada umumnya dilakukan pada saat proses check in dan akan di offline sale pada proses check out. Fungsi card ver bagi pihak hotel adalah sebagai jaminan pembayaran guna menghindari tidak terbayarnya tagihan tamu karena berbagai alasan. Nah, dengan adanya card ver, tamu sudah tidak bisa menggunakan dana yang ada di kartu kreditnya sebesar yang sudah di card ver oleh pihak hotel. Bagaimana jika dana Anda masih di blok padahal Anda butuh dana tersebut? Rata-rata komplain disampaikan karena tidak adanya informasi yang tepat mengenai transaksi card ver ini. Sebagian dari tamu yang pernah komplain menyatakan bahwa mereka diinformasikan oleh pihak Customer Service bank penerbit pada saat mereka memeriksa tagihan, bahwa transaksi kartu kredit tersebut dilakukan dihotel A,  B, atau C tanpa menjelaskan secara detail mengenai card ver. Sehingga terkesan bahwa pihak hotel telah melakukan transaksi secara sepihak tanpa sepengetahuan tamu. Yang perlu pemegang kartu kredit lakukan adalah memberikan informasi kepada pihak hotel bahwa dana yang dicar ver masih tertahan dan meminta agar card ver tersebut di batalkan (kita menyebutnya release). Dalam hal ini pihak hotel akan segera memproses dengan cara menghubungi pihak bank pemilik mesin EDC agar dilakukan proses release card ver melalui fax atau e-mail. Tapi yang perlu diketahu adalah, proses release itu sendiri hanya bisa dilakukan oleh Bank, bukan hotel. Biasanya waktu yang dibutuhkan sekitar 3-7 hari setelah ada pemberitahuan resmi dari pihak hotel ke pihak Bank. Jadi jika lain waktu Anda menggunakan kartu kredit di hotel pada saat liburan atau bisnis, tidak usah takut jika kartu kredit Anda di Card Ver. Karena itu juga demi kenyamanan Anda selama tinggal di hotel. Have a nice weekend...

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun