Motivator | Pembicara | Presentasi | Public Speaking "Improving your communication skills can make life more fulfilling on many levels." -- Ibrahim Mustapha
Salah satu soft skill yang sangat dibutuhkan terutama dalam dunia kerja adalah kemampuan komunikasi. Banyak perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang jasa, dagang, dan juga manufaktur yang dalam beberapa kesempatan akan meminta karyawannya untuk mempresentasikan produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
Di saat-saat seperti inilah kemampuan komunikasi Anda sebagai seorang karyawan profesional akan di uji. Apakah Anda akan mampu membawakan presentasi tersebut dengan baik dan mampu menjelaskan tujuan dari produk yang Anda promosikan atau tidak.
Berikut ini 3 cara membuat presentasi yang menarik, efektif, dan efisien :Â
1. Mulai dengan pembukaan yang memukau
Kesan pertama akan sangat menentukan. Jika Anda sudah memulai dengan pembukaan yang memukau, akan mencuri pandangan audiens. Dua sampai tiga menit pertama presentasi akan sangat menentukan, apakah audiens akan antusias mendengarkannya sampai selesai atau tidak.Â
Kalau audiens mau mendengarkan dengan semangat, ditambah melakukan tindakan yang diharapkan, maka berarti presentasi tersebut efektif. Sehingga kecil kemungkinan jika audiens sibuk dengan dirinya sendiri
2. Memanfaatkan teknologi
Agar presentasi menjadi semakin menarik dan memukau, maka Anda bisa menggunakan bantuan teknologi. Misalnya, Anda bisa menggunakan handled remote.Â
Dengan begitu, Anda bisa bebas bergerak ke sana ke mari, sambil tetap bisa menunjukkan poin-poin penting yang ada di dalam slide presentasi Anda. Design materi Anda dengan menarik, selipkan beberapa humor, dan video animasi yang membuat peserta memperhatikan Anda.
3. Perhatikan penampilan