Mohon tunggu...
One Village One CEO
One Village One CEO Mohon Tunggu... Editor - Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim

Program Inovasi Pengembangan Bisnis Perdesaan Berbasis pada Produk Unggulan Desa (Prukades) yang Berorientasi Ekspor

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Merancang Desain Kemasan Produk untuk Meningkatkan Penjualan Kripik Talas

18 Oktober 2022   03:22 Diperbarui: 18 Oktober 2022   03:35 2021
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim One Village One CEO IPB University melakukan perancangan desain kemasan produk keripik talas, Kamis (13/10/22). Perancangan desain kemasan ini dilakukan dengan tujuan agar produk keripik talas menarik di mata konsumen sehingga daya jual produk tinggi. Menurut tim OVOC, desain kemasan produk berkaitan dengan strategi pemasaran, branding, dan promosi. Ketiga pilar ini saling berhubungan dalam meningkatkan daya jual produk keripik talas. Oleh karena itu, desain kemasan produk harus benar-benar dirancang dengan baik.

Desain kemasan produk merupakan hal yang pertama konsumen cermati saat membeli produk. Konsumen akan melirik desain yang unik dan dapat menarik perhatian. Desain kemasan produk harus menjadi bagian penting dalam sebuah perencanaan bisnis secara baik dan efektif. Tak sedikit produk berkualitas yang akhirnya terpuruk hanya karena tampilan kemasannya yang buruk. Selain itu, kadang kala seseorang membeli sebuah produk karena hanya tertarik dengan desain kemasannya. Artinya, desain kemasan yang ada di produk berhasil memengaruhi konsumen. Di sisi lain, kemasan yang baik akan membuat produk  lebih aman. Hal ini sangat penting karena  produk akan dibawa dari tempat produksi ke tempat konsumen. 

Rencananya, produk keripik talas akan dikemas oleh tim OVOC menggunakan standing pouch full print dilengkapi zipplock dengan warna dasar cokelat dan hijau. Bagian depan standing pouch berisikan merek, nama produk dengan varian rasanya, logo halal, foto produk yang menggugah selera, serta berat bersih dari produk. Sementara itu, bagian belakang standing pouch berisikan nama produk, komposisi, sosial media produsen, dan merek. Alasan tim OVOC memilih menggunakan standing pouch adalah karena standing pouch sangat efisien dan praktis, desain kemasannya cukup stylish dan kuat, fleksibel, harga ekonomis, dan kemasannya modern. Selain itu, menggunakan standing pouch sebagai kemasan produk keripik talas itu sendiri dapat meningkatkan nilai produk, aman saat pengiriman, dan produk kedap udara.

Melalui desain kemasan ini, harapannya produk keripik talas yang tim OVOC produksi memiliki daya jual tinggi dan mampu bersaing dengan produk keripik talas lainnya.

Dokpri
Dokpri

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun