Mohon tunggu...
Ondi Irawans
Ondi Irawans Mohon Tunggu... Guru - Math Teacher

Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI 2018

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kiat Sukses Milenial dalam Berwirausaha

14 Juli 2022   08:30 Diperbarui: 14 Juli 2022   21:40 477
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
nutraingredients.com

Setiap seseorang memiliki cita-cita dan keinginan yang berbeda-beda. Tujuan daripada itu semua ialah untuk mencapai kesuksesan. Setiap orang baik yang belum ataupun sudah bekerja pasti mendambakan kesuksesan. Sukses tidak bisa diraih dengan cara instan. Perlu adanya waktu yang lama bagi mereka yang berprofesi sebagai wirausaha. Bekerja keras, gigih, tekun, sabar dan pantang menyerah adalah hal yang harus dimiliki jika ingin mendapatkan kesuksesan. Terlebih lagi didalam era globalisasi, industri, modern, dan generasi milenial ini membuat ketatnya persaingan dalam hal dan bidang apapun. berikut ini akan kami paparkan beberapa Kiat Sukses Milenial Dalam Berwirausaha.

1. Hilangkan distraksiGenerasi

milenial adalah generasi yang mudah terpecah fokusnya. Mereka dikenal memiliki rentang perhatian yang begitu singkat di mana bunyi notifikasi dari media sosial saja dapat mengganggu produktivitas. Dan meski banyak hal menuntut perhatian, bukan berarti semuanya penting. Sebagai wirausahawan, penting untuk dapat mengesampingkan gangguan dan fokus pada hal yang benar-benar penting, tujuan dan visi bisnis, serta upaya untuk mewujudkan impian tersebut

2. Berani mencoba dan tidak takut gagal

Malu dan takut gagal adalah musuh terbesar bagi seseorang yang ingin memulai usaha. Rasa malu membuat orang enggan untuk usaha, tidak berani bertemu dengan banyak orang, menawarkan barang kepada orang lain. Rasa takut gagal akan barang tidak laku juga tidak berhasil dalam berwirausaha. Untuk itu sebagai langkah awal, seseorang harus berani mencoba berwirausaha dam tidak takut gagal apapum risikonya

3. Bangun cerita tentang brand Anda.

Salah satu cara untuk menjangkau audiens target adalah dengan membuat cerita yang menarik tentang brand. Gambarkan mengapa dan bagaimana Anda memulai bisnis, mengapa Anda mengejar target tertentu, bagaimana Anda mencari bahan baku, dan akhirnya, bagaimana brand Anda berupaya membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik? Milenial berkembang dalam cerita dan melalui cerita ini, Anda dapat terlibat dan terhubung dengan konsumen pada tingkat yang menginspirasi mereka untuk mengambil tindakan.

4. Perluas koneksi dan pemasaran produk

Sebuah bisnis akan sulit berkembang tanpa adanya relasi di dalamnya. Koneksi yang luas memungkinkan produk anda dikenal dengan banyak orang. Semakin luas produk anda semakin banyak pula orang yang akan mengetahui produk anda. Koneksi yang baik mendatangkan kerjasama yang baik.

5. Bekerja sama dengan orang yang kompeten

Salah satu jebakan di era informasi adalah bahwa seringkali kita berasumsi bahwa kita dapat melakukan dan belajar apa saja karena kita pikir semuanya tersedia di Internet. Salah satu bagian dari menjadi wirausahawan yang cerdas adalah mengakui kelemahan Anda dan menyadari bahwa mempelajari tutorial YouTube tidak dapat mengisi celah besar dalam pengetahuan Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda akan mendapatkan keuntungan besar dengan bekerja dengan profesional yang kompeten dan berorientasi pada tujuan

6. Kreatif, inovatif dan unik dalam membuat produk

Kreatif dan inovatif dibutuhkan agar produk yang kita buat memiliki sesuatu hal yang berbeda dari produk yang lainnya. produk yang unik akan menarik banyak perhatian dari kalangan anak-anak muda. Anak-anak muda memiliki rasa penasaran dan ketertarikan yang tinggi terhadap produk-produk yang memiliki bentuk dan kemasan yang unik. Untuk itu kreatifitas dan inovatif dibutuhkan. Manfaatkan media sosial dalam memperluas pemasaran anda guna produk anda diketahui banyak orang

7. Tetap optimis

Sebuah studi yang dilakukan oleh Michelle Gielan dan Frost Bank menemukan bahwa orang yang optimis lebih mungkin mengalami kesehatan keuangan yang lebih baik daripada orang yang pesimis. Mereka juga cenderung memiliki pengelolaan uang yang lebih sehat. Sebagai wirausahawan, memiliki sikap optimis dalam situasi yang menantang memungkinkan untuk mengalihkan fokus dari negatif ke konstruktif. Ini mendukung pemikiran kreatif dan pengambilan risiko, yang keduanya penting untuk menjadi pemilik bisnis milenial yang sukses.

8. Kembangkan ketahanan mental

Pengusaha sukses, bahkan yang paling sukses, tidak asing dengan kegagalan. Namun, ketahananlah yang memungkinkan pengusaha untuk bangkit kembali dari kegagalan itu dan muncul sebagai individu yang lebih kuat dan lebih bijaksana.

Demikianlah beberapa kiat sukses milenial dalam dalam berwirausaha. Untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha seperti berani mencoba, tidak takut gagal, menghilangkan distraksi yang ada, memperluas koneksi dan pemasaran, optimis, kreatif dan inovatif, bekerjasama dengan orang-orang yang berkompeten, membangun brand, dan melatih dan mengembangkan mental. Hal-ahal tersebut ada dan dibutuhkan seiring berkembangnya trend dan gaya hidup di era milenial saat ini dan juga persaingan yang begitu ketat.

"Sukses tidak perlu menunggu tua, kalau bisa sukses usia muda, kenapa harus ditunda?"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun