Mohon tunggu...
Ondihon Simanjuntak
Ondihon Simanjuntak Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Profesional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

MTK: Modul Ajar Geometri Untuk Kelas III

17 Desember 2023   19:09 Diperbarui: 17 Desember 2023   19:19 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pendahuluan:
Pada tahun ajaran 2023, SDN 1 Banaran menghadirkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dalam mata pelajaran Matematika, khususnya pada materi Geometri untuk kelas III pada semester gasal. Materi ini mencakup berbagai bentuk bangun datar seperti segiempat, segitiga, segi banyak, serta penerapan konsep luas dan keliling dalam kehidupan sehari-hari.

1. Identifikasi Sekolah dan Materi Pokok:
Penyusun: Ondihon Simanjuntak
Sekolah: SDN 1 Banaran
Tahun: 2023
Mata Pelajaran: Matematika
Kelas/Semester: III/Gasal
Fase: B
Materi Pokok: Geometri
Alokasi Waktu: 1 Minggu x 4 jam pelajaran @ 45 Menit
Jumlah Peserta Didik: Maksimal 20 Siswa
Target Peserta Didik: Reguler
Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)

2. Kompetensi Awal:
Peserta didik telah memiliki pemahaman dasar mengenai bentuk-bentuk geometri sederhana dan sifat-sifat dasar seperti panjang, lebar, tinggi, dan sudut. Mereka juga diharapkan mampu mengaplikasikan konsep-konsep dasar tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

3. Profil Pancasila:
Profil Pancasila diintegrasikan dalam pembelajaran, mengajarkan nilai-nilai keagamaan, akhlak, berkebinekaan, gotong royong, kemandirian, dan bernalar kritis.

4. Sarana dan Prasarana:
Sarana yang digunakan meliputi ruang kelas, alat tulis, buku tulis, dan proyektor. Prasarana mencakup buku paket matematika kelas III dan modul ajar.

5. Target Peserta Didik:
Peserta didik reguler/tipikal diharapkan dapat mencerna dan memahami materi ajar, aktif berdiskusi, bernalar kritis, dan tidak pantang menyerah dalam belajar.

6. Model Pembelajaran dan Tujuan:
Model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) digunakan untuk membantu peserta didik menjelaskan ciri berbagai bentuk bangun datar, menentukan ciri bagian-bagian dari bangun datar, menghitung luas dan keliling, serta memahami penerapan bangun datar dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran meliputi pemahaman konsep bangun datar dan kemampuan menerapkan dalam konteks praktis.

Capaian Pembelajaran:
Peserta didik diharapkan mampu mengenal jenis bangun datar, mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar, mengukur panjang sisi, menghitung keliling, mengenal konsep luas, dan menggambar bangun datar.

Pemahaman Bermakna:
Pembelajaran bangun datar di SDN 1 Banaran tidak hanya berfokus pada konsep teoritis, tetapi juga menciptakan pemahaman bermakna dengan mengaitkan konsep geometri dengan dunia nyata.

Pertanyaan Pemantik:
Peserta didik diajak untuk merenung dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pemantik, seperti pemahaman mereka tentang geometri atau bangun datar, dan bagaimana konsep tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penutup:
Dengan pendekatan PBL yang digunakan, diharapkan peserta didik tidak hanya menguasai konsep geometri secara akademis tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam berbagai situasi kehidupan. Pembelajaran di SDN 1 Banaran menjadi perpaduan harmonis antara pengetahuan dan pemahaman kontekstual, membekali peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memahami geometri. Dan berikut merupakan link Modul Ajar Geometri untuk mengunduh modul ajar kelas III , mata pelajaran Matematika .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun