Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @OmnduutX

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Gangguan Saat Menonton: Semoga Netflix dan Indihome Tidak "Bercerai"

25 Oktober 2021   13:36 Diperbarui: 25 Oktober 2021   14:03 1786
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sedang asyik nonton serial drama Maid di Netflix Jumat (22/10) malam, tiba-tiba saja layar handphone saya gelap dan film terhenti. Saya coba keluar dari aplikasi Netflix dan kembali masuk, tapi gagal. Hanya muncul pesan, "Kami mengalami masalah saat menyambungkan ke Netflix. Coba lagi nanti atau coba koneksi jaringan alternatif."

Saya bingung dan coba bertanya pada kawan yang kemudian disarankan: update atau re-install aplikasinya.

Pesan yang muncul di ponsel saya. Dokpri.
Pesan yang muncul di ponsel saya. Dokpri.

Saat mengecek di playstore, sudah terlihat versi terbaru dari Netflix. Saya langsung update saat itu juga. Sayang, setelah dilakukan, tetap saja pesan masalah penyambungan muncul.

Tak lama saya memutuskan untuk menghapus aplikasi Netflix itu dan install ulang. Tak lupa, setelah berhasil, saya reboot/restart ponsel saya sebelum kemudian digunakan. Sayangnya, setelah proses login berhasil, saya tetap tidak bisa melanjutkan nonton. Pesan kesalahan penyambungan masih "menghantui"

MENCOBA KONEKSI ALTERNATIF

Sudah setahun lebih saya Netflixan dan mengandalkan jaringan internet dari Indihome. Selama ini, tidak ada masalah yang berarti. Beberapa kali jaringan lelet, ya masih bisa dimaklumi. Tapi nggak pernah sampe nggak bisa play movie sama sekali kayak Jumat malam itu.

Saya lantas mematikan wifi dan mencoba masuk ke Netflix dengan jaringan Telkomsel. Wah berhasil! Film kemudian berjalan kembali seperti biasa. Nah, di saat film jalan, saya hentikan sejenak, dan saya kembali nyalakan wifinya.

Film tetap berjalan dan saya mulai asyik menonton kembali. Sayangnya, sekitar 15-20 menit kemudian, film lagi-lagi terhenti. Dan, saat itu terjadi, kembali saya mematikan wifi, menyalakan koneksi internet dari Telkomsel, dan menyalakan wifi lagi ketika film kembali berjalan.

Ya bisa sih, tapi kan ya capek juga dan mempengaruhi mood menonton. Lagi asyik-asyik menyaksikan kisah yang seru, eh harus dijeda terus karena gangguan teknis semacam ini.

Dari sini, saya berkesimpulan bahwa jaringan Indihomenya yang bermasalah. Malam itu, saya menghentikan menonton dengan harapan esok hari internetnya jauh lebih stabil.

MALAM MINGGU KELABU

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun