Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @OmnduutX

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Tetap Bugar Saat Berpuasa dengan Freeletics

7 Mei 2019   11:03 Diperbarui: 7 Mei 2019   11:05 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source image: freeletics.com

Ramadan baru jalan 2 hari, tapi beberapa kali saya tersenyum geli saat melihat beberapa status teman-teman di sosial media. Ada yang kerepotan menghadapi komentar anak yang tiap menit nanya, "magrib masih lama, ya?" haha, namun ada juga yang struggle menghadapi lesunya fisik yang kaget karena berpuasa di hari pertama.

Saya sendiri sih alhamdulillah nggak merasakan fase kaget itu karena memang sudah beberapa tahun belakangan ini saya rutin puasa sunnah Senin-Kamis. Eh tunggu, jangan buru-buru ngecap saya sebagai anak soleh hahaha. Niat saya berpuasa sih demi menggeser jarum timbangan ke arah kiri. Kalau kemudian berbonus pahala, ya alhamdulillah :)

Masalahnya, jika berpuasa sunnah, saya skip berolahraga. Pikir saya, "toh masih bisa olahraga di hari Selasa, Rabu, Jumat hingga Minggu." Nah, kalau puasa Ramadan ya nggak bisa begitu, wong puasanya sebulan penuh. Jika saya skip olahraga, yang ada badan saya akan LEBAR-an saat lebaran nanti. Tidaaaaaaak.

Lalu, jika tahun lalu saya memilih olahraga yoga saat berpuasa, tahun ini saya mau cobain olahraga baru yang saya harapkan dapat lebih banyak mengikis lemak-lemak yang ada di tubuh saya hwhwhw. Apa itu? Aha! FREELETICS!

Apa sih freeletics itu?

Sederhananya ya, freeletics itu adalah olahraga yang memanfaatkan beban tubuh sendiri. Jadi, ya gak perlu ke gym buat olahraga. Cukup modal teras rumah atau jalanan di komplek. Toh yang dibutuhkan hanya peralatan olahraga basic semacam sepatu dan matras jika punya. Jika nggak pun ya nggak apa-apa, masih ada baju lebaran yang lama. --Eh ini bukan lagu, Yan! Hwhw.

Ada banyak gerakan yang dapat dilakukan saat berolahraga freeletics ini. Diantaranya push up, sit up, plank, leg lever, squat, jumping jack dan burpees. Bingung? Sama! Hahaha. Saya juga bingung dengan beberapa gerakan ini. Namun, setelah melihat videonya di youtube, langsung deh saya ber-ooooo ria.

Nah ini yang dinamakan plank. Source image: freeletics.com
Nah ini yang dinamakan plank. Source image: freeletics.com

Kemarin, di hari pertama puasa, saya sempat nyobain olahraga ini sekitar jam 5 sore. Ampun! Gerakan yang nampak sederhana tapi ternyata lumayan bikin ngap juga. Peluh saya sampai berceceran di lantai. Tapi, memang itu yang dicari, bukan?


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun