Mohon tunggu...
om_nanks
om_nanks Mohon Tunggu... Lainnya - nikmati yang tersaji jangan pelit berbagi

☆mantan banker yang jualan kavling☆ ☆merangkum realita bisnis dalam sebuah tulisan☆ ☆penyelesaian kredit bermasalah advisor☆

Selanjutnya

Tutup

Financial

Membership Loyalty Program

30 Desember 2022   04:50 Diperbarui: 15 Januari 2023   15:05 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Membership Loyalty Program

Biasanya kaum hawa yang mengingatkan supaya menjadi membership di setiap pembelanjaan perdana dalam suatu transaksi di tenant atau counter yang tersebar di mall.

Keuntungan dari sisi pelanggan yang akan didapat ketika menjadi membership dari suatu produk diantaranya perolehan poin yang nantinya setelah terkumpul dengan jumlah tertentu dapat ditukarkan, voucher khusus, discount yang lebih menarik dibandingkan dengan konsumen biasa, reward tertentu yang disesuaikan dengan level keanggotaannya seperti platinum, gold dan silver.  

Membership program dari suatu produk yang dikeluarkan perusahaan berbeda-beda disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan masing-masing konsumennya.

Beberapa membership card digratiskan, ada pula yang berbayar dengan nominal tertentu dengan jangka waktu rata-rata selama 12(duabelas) bulan serta dapat diperpanjang kembali.

Tujuan Perusahaan Mengeluarkan Membership Program 

  • Menumbuhkan sense of belonging yang kuat yang dibuktikan dengan komitmen pelanggan terhadap perusahaan
  • Membangun relationship lebih mendalam terhadap perusahaan
  • Membantu perusahaan untuk mendapatkan profit yang pasti setiap periodenya
  • Mampu meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Mempertahankan loyalitas pelanggan
  • Sebagai bagian dari strategi pemasaran

Agar membership loyalty program berhasil dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan maka perusahaan harus selalu melakukan upaya-upaya,

Menjaga Kualitas Produk dan atau Jasa,

Sering melakukan komunikasi dengan para pelanggan terutama pelanggan-pelanggan platinum & gold, yang notabene volume belanjanya mempunyai traffic yang tinggi, apakah produk dan atau jasa yang perusahaan berikan telah memenuhi harapan pelanggan atau masih diperlukan perbaikan dan peningkatan layanan.

Misalkan dengan menyebarkan google form untuk kuesioner kepuasan pelanggan.

Manfaatkan Jejaring Media Sosial 

Sebagai sarana komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, dengarkan keluhan pelanggan dan jadikan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan layanan agar pelanggan tidak hanya puas tetapi juga loyal

Manfaat Membership Loyalty Program

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun