Mohon tunggu...
omah mardiah
omah mardiah Mohon Tunggu... -

Sayang keluarga...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Adalah Pelajaran Paling Berharga

5 Mei 2014   20:45 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:50 537
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Oleh : Omah Mardiah

Semua orang pasti mengalami kejadian – kejadian dalam kehidupan sehari _ hari, ada kejadian gembira, kejadian tentang kesedihan, terharu dan lain sebagainya, itu merupakan suatu pengalaman yang akan kita jadikan pelajaran untuk diri kita.

Tidak ada pengalaman maka kita tidak akan bisa mengukur seberapa baik atau buruk diri kita untuk kehidupan sosial atau kehidupan berumah tangga. Pengalaman adalah suatu kejadian memberikan pengalaman berharga untuk diri kita.

Terkadang ada orang yang mengatakan jangan menoleh kebelakang, padahal menoleh kebelakang untuk membuat perbandingan itu sangat baik. Sehingga akan membuat kita bisa memperbaiki dari segala kekurangan yang pernah kita lewati.

Maknai setiap kejadian pelajari setiap pengalaman untuk suatu perubahan ke arah lebih baik dengan pengalan kita lebih mudah memahami segala bentuk kekurangan yang ada pada diri kita.

Saya sendiri adalah orang yang manja dan sedikit egois, tapi sifat – sifat itu tidaklah membuat hubungan pertemanan menjadi baik malah saya semakin merasa diri paling benar. setelah beberapa waktu saya baru menyadari bahwa sikap dan sifat itu harus saya buang sedikit demi sedikit.

Baru saya menyadari setelah begitu lama bahwa saya telah banyak menyakiti hati orang lain saya baru sadar diri banyak berdosa kepada orang – orang yang dekat dengan saya.

Tapi itulah bila setiap kejadian kita pelajari maka kita akan segera bangkit dari kekurangan dan bisa sesegera mungkin memperbaiki untuk berubah menuju kebaikan. Jadikan pengalaman setiap kejadian pelajaran yang paling berharga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun