Teori Belajar Sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura merupakan salah satu teori psikologi paling berpengaruh yang menjelaskan bagaimana manusia belajar melalui pengamatan, imitasi, dan interaksi sosial. Bandura berpendapat bahwa belajar tidak hanya terjadi melalui pengalaman langsung, seperti yang diajarkan dalam teori behaviorisme tradisional, tetapi juga melalui observasi terhadap perilaku orang lain dan konsekuensi yang mereka terima.
---
1. Pengertian Teori Belajar Sosial
Teori belajar sosial (Social Learning Theory) menyatakan bahwa manusia dapat belajar dengan mengamati orang lain, baik dalam lingkungan langsung maupun melalui media simbolik seperti buku, film, atau video. Proses pembelajaran ini tidak hanya bergantung pada pengalaman langsung, tetapi juga pada interaksi sosial dan pengaruh lingkungan.
Menurut Bandura, belajar melalui observasi memungkinkan manusia untuk memahami perilaku baru, tanpa harus mengalami langsung risiko atau konsekuensi dari tindakan tersebut. Teori ini sangat relevan dalam berbagai konteks, termasuk pendidikan, pengasuhan anak, pelatihan kerja, dan psikoterapi.
---
2. Konsep Utama dalam Teori Belajar Sosial
a. Observational Learning (Belajar Melalui Observasi)
Observational learning adalah proses di mana seseorang mempelajari perilaku, sikap, atau keterampilan dengan mengamati orang lain (disebut model). Proses ini memungkinkan pembelajaran terjadi secara tidak langsung. Misalnya, seorang anak dapat belajar sopan santun dengan melihat orang tuanya berperilaku sopan terhadap orang lain.
b. Modeling
Modeling adalah proses meniru perilaku yang diamati dari model. Model ini dapat berupa: