Kalian tau engga sih apa itu Visual Merchandising? Visual Merchandising adalah teknik pemasaran toko retail yang menggunakan elemen-elemen desain untuk menarik pengunjung. Arti Visual menurut KKBI adalah sesuatu yang dapat dilihat dengan indra penglihatan. Menurut Pallasmaa indra penglihatan dianggap sebagai tumpuan utama dalam perilaku manusia.
Mau tau cara visual merchandising toko pakaian yang tepat? Yuk, simak tips berikut ini!
1. Ciptakan Window Display yang menarik Â
Menarik perhatian orang yang lalu lalang didepan toko pakaian adalah hal terpenting dalam visual merchandising. Tapi bagaimana cara melakukannya dengan tepat?
Window display adalah hal utama yang dilihat oleh calon konsumen sebelum memasuki toko pakaian dan merupakan tempat yang krusial, dikarnakan window display adalah penentu calon konsumen untuk masuk kedalam toko atau tidak. Visual pada window display harus bisa menggambarkan barang yang dijual & sering diubah sesuai dengan trend/tema yang sedang berlangsung.Â
2. Penempatan produk yang menarikÂ
Penempatan produk yang ditempatkan tidak boleh asal-asalan, tetapi berdasarkan customer behavior masing-masing target pembeli. Visual Merchandising menjadi tanggung jawab atas kemudahan pembeli untuk menjangkau dan mengakses produk-produk yang dijual. Visual merchandising yang efektif dan efesien mampu mempengaruhi pembeli membeli barang secara cepat dan berulang.
Penempatan produk bisa disesuaikan dengan jenis pakaiannya ataupun bisa juga ditata urut sesuai dengan colour coordination.