Mohon tunggu...
Olivia
Olivia Mohon Tunggu... Programmer - Pelajar

Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

17 Oktober 2022   12:09 Diperbarui: 17 Oktober 2022   12:48 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Geladi Hominisasi/dokpri

Pada tanggal 16 Oktober 2022, saya, Olivia dari jurusan Informatika, mengikuti Geladi Hominisasi bersama dengan rekan-rekan dari Universitas Katolitk Parahyangan. Banyak kesan dan pesan yang saya dapatkan selama mengikuti acara ini. Acara Geladi Hominisasi juga dibuat agar para mahasiswa dapat berpikir logis dan kritis di dalam kehidupan sehari-harinya. 

Hal manarik pertama yang saya dapat dari acara Geladi Hominisasi adalah tugas pra geladi yang dilaksanakan sebelum acara geladi pada 16 Oktober dimulai. Dengan adanya tugas tersebut, saya menjadi tahu lebih banyak mengenai budaya yang ada di Indonesia dan juga menghayati lagu Indonesia Raya 3 stanza. 

Hal menarik lainnya selama acara ini berlangsung yaitu saya dapat berteman dan mengenal mahasiswa dari fakultas dan jurusan yang berbeda dengan saya. Jadi saya dapat belajar berkomunikasi dengan orang baru dengan penuh percaya diri dan juga berani mengungkapkan pendapat dengan teman sekelompok. Saat ada pendapat yang berbeda, saya harus berani mengungkapkannya dan berdiskusi bersama rekan sekelompok.

Tidak hanya itu, saya juga belajar cara mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok kepada rekan-rekan lainnya dan dosen penilai. Banyak masukan dan saran yang disampaikan dari dosen penilai mengenai cara penyampaian materi yang baik dan juga berkualitas agar pendengar tidak merasa bosan dan informasi yang didapat oleh pendengar dapat dicerna dengan baik. 

Selama acara Geladi Hominisasi dilaksanakan, kemampuan menggunakan logika dan berbahasa sangat penting karena ada sesi dimana saya akan bekerja dengan rekan sekelompok untuk menganalisis suatu topik. Topik tersebut akan dapat dianalisis dengan baik jika saya dan rekan sekelompok menggunakan logika untuk berpikir dan bernalar. Tidak hanya itu, saya dan rekan sekelompok juga harus menyampaikan hasil berpikir dari masing-masing individu dengan penyampaian yang benar dengan menggunakan kemampuan berbahasa. Dengan adanya kemampuan berbahasa tersebut, rekan sekelompok akan mengerti isi pikiran saya dan pendapat saya dengan penyampaian menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebagai warga negara Indonesia juga, kemampuan menggunakan logika dan berbahasa juga sangat diperlukan agar dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik dan menghindari kesalahan berkomunikasi dengan orang lain.

Jadi, dari semua kegiatan acara Geladi Hominisasi tersebut, banyak hal bermanfaat yang dapat saya dapatkan, seperti belajar untuk menjadi pribadi yang aktif, berani dalam penyampaikan pendapat di depan publik, mau menerima kritik dan saran dari orang lain dengan positif, dan mau mengasah kemampuan berpikir logika dan berbahasa dengan lebih baik lagi. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk diterapkan di dunia perkuliahan, misalnya untuk menyampaikan pendapat yang berdasar dari hasil berpikir logis dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa dan juga warga negara Indonesia, saya mau lebih aktif dan juga berdinamika dalam berpikir agar saya dapat ikut berpatisipasi dalam pembangunan dan memajukan negara Indonesia.

Dokpri
Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun