Tujuan penilaian pembelajaran adalah untuk mengetahui seberapa baik subjek memahami materi pembelajaran yang diberikan dan  berapa persentase siswa yang mencapai nilai maksimal, sehingga guru dapat memutuskan apakah akan mengulang materi tertentu. Sederhananya, penilaian pembelajaran adalah suatu proses sistematis yang harus dilakukan untuk memeriksa, menentukan, dan membandingkan tingkat pencapaian  tujuan pembelajaran.Nah,, pada  pembelajaran tentu membutuhkan evaluasi pembelajaran baik pada kurikulum 2006, kurikulum 2013 ( kurtilas), kurikulum darurat ataupun kurikulum merdeka. Pembahasan ini lebih fokus ke kurikulum merdeka.
Sebelum mengenal lebih jauh saya akan menjelaskan dulu apa itu kurikulum merdeka??
Kurikulum mereka adalah program pengembangan dari kurikulum merdeka yang mana kurikulum ini lebih bebas dan leluasa untuk mengembangkan bakat dan kemampuan siswa.
Nah,, mengenai pembelajaran dan asesmen kurikulum merdeka tersebut telah diatur pada beberapa peraturan sebagai berikut:
Kemdikbudristek (2021) Kebijakan Kurikulum Untuk Membantu Pemulihan Pembelajaran.
- Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 033/H/Ku/2021 Tentang Capaian Pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMA pada Program Sekolah Penggerak.
- Kemdikbudristek (2022) MERDEKA BELAJAR Episode ke 15 : Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar.
- Kemdikbudristek (2022) PANDUAN Pengembangan Kurikulum Operasional pada Satuan Pendidikan.
Struktur kurikulum merdeka meliputi 3 poin, yaitu :
- Berbasis kompetensi
- Belajar bersifat pleksibel dan
- Berkarakter pancasila
Dikutip dari youtube channel nya Diklat Docto bahwa prinsip kurikulum merdeka meliputi 4 komponen, yaitu:
- studen certer
- kontekstual
- esensial
- akuntabel
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H