Telehealth adalah bagian dari e health dan merupakan teknologi telekomunikasi dalam pemberian layanan kesehatan, informasi, dan pendidikan. Telehealth mencakup layanan serupa, termasuk pendidikan kedokteran, pemantauan pasien jarak jauh, konsultasi pasien melalui konferensi video, aplikasi nirkabel, dan transmisi pencitraan dan laporan medis. Telehealth melibatkan interaksi antara pasien dan penvedia layanan melalui telepon, email, obrolan video atau konferensi, Internet, dan perangkat jarak jauh. Telehealth telah diterima dan berhasil di berbagai spesialisasi dan pengaturan medis.
Telehealth telah membantu manfaat dan hambatan telehealth dalam pelayanan kesehatan yang berkualitas. Telemedis berpotensi mengurangi pengeluaran layanan kesehatan dengan mengurangi masalah seperti penyalahgunaan obat, kunjungan unit gawat darurat yang tidak perlu, dan rawat inap yang berkepanjangan. Telehealth menyediakan akses terhadap sumber daya dan perawatan bagi pasien di daerah pedesaan atau daerah dengan kekurangan penedia layanan, meningkatkan efisiensi tapa biaya, mengurangi waktu perialanan dan menunggu pasien, dan memungkinkan kualitas layanan yang sebanding atau lebih baik.
Meningkatkan manfaat dan hambatan telehealth dalam pelayanan kesehatan telah terdapat ole berbagai hambatan termasuk penggunaan teknologi di kalangan lansia dan kecepatan bandwidth Internet di daerah pedesaan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H