Permainan adalah aktivitas menyenangkan yang dilakukan untuk bersenang-senang. Games adalah aktivitas yang dilakukan demi kesenangan dan memiliki peraturan. Santrock (2007: 216-217). Permainan sangat banyak jenisnya dan beragam modifikasi permainan dapat di adopsi ke dalam lingkup pembelajaran PJOK. Dengan permainan-permainan sederhana yang di sesuaikan dengan materi dan karakteristik peserta didik diharapkan mampu menggugah semangat belajar siswa untuk menerima materi inti yang akan di ajarkan.
Motivasi siswa dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor (Dimyati dan Mudjiono, 2009:97). Faktor-faktor tersebut antara lain cita- cita atau aspirasi siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa, kondisi lingkungan siswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran serta upaya guru membelajarkan siswa. Sebagai guru kita harus selalu kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Perlu adanya tips dan trik agar peserta didik tertarik dan termotivasi untuk mengikuti alur pembelajaran.Â
Permainan sederhana merupakan salah satu bentuk inovasi dan kreativitas yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar. Permainan bisa berupa ice breaking atau permainan berkelompok yang menekankan pada keaktifan peserta didik. Berikut salah satu contoh permainan sederhana yang bisa di gunakan dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
PERMAINAN BEREBUT CONE/CORONG
Permainan ini sangat mudah dan asik di lakukan. siswa akan di ajak untuk berjalan dan berlari dengan mengikuti alunan musik yang di putar. Alat dan Bahan yang perlu di siapkan adalah sebagai berikut :
a. Cone/corong atau benda lain yang jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah siswa.Â
b. Speaker aktif untuk memutar laguÂ
c. Lagu yang up to date agar siswa lebih tertarik mengikuti permainan.Â
Setelah semua alat dan bahan telah siap maka permainan bisa segera dimulai. Â Cara bermainya adalah sebagai berikut :
a. Peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok maksimal 15 Anak
b. Peserta didik membentuk lingkaran besar pada kelompoknya masing-masing