Mohon tunggu...
oktaviani _
oktaviani _ Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Iklan Tokopedia Filosofi Pete dengan Menggunakan Elemen-Elemen Retorika dan Dialektika

14 Oktober 2024   04:34 Diperbarui: 14 Oktober 2024   05:18 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://youtu.be/Tokoppedia

Iklan Tokopedia dengan menggunakan judul Filosofi Pete ini digunakan untuk menarik dan mendorong masyarakat untuk membeli produk lokal dengan menggunakan teknik bercerita dalam iklan yang nyata dengan kehidupan masyarakat. Hal ini efektif dalam menyampaikan pesan persuasif dengan memanfaatkan media sosial dan beberapa elemen retorika maupun dialektika.


Ada beberapa Elemen Retorika yang digunakan dalam Iklan Tokopedia yang berjudul Filosofi Pete ini seperti:

  • Ethos, Iklan ini tidak dilakukan secara terang-terangan untuk menampilkan kredibilitas pembuatnya, tetapi iklan ini menggunakan cerita personal yang relatable dengan kehidupan seseorang sehingga menciptakan rasa percaya dan kedekatan dengan audiens.

  • Pathos, Iklan ini menciptakan perasaan emosional yang menyentuh masyarakat dengan cara bercerita sehingga dapat menjadi perbandingan antara produk lokal dengan filosofi,sehingga sesuatu yang sering dianggap kurang menarik sebenarnya memiliki kualitas yang baik.

  •  Hal ini juga menciptakan hubungan emosional dengan masyarakat yang mungkin pernah memiliki pandangan negatif terhadap produk lokal. Sehingga dapat mengubah persepsi masyarakat terhadap makanan pete dan memicu rasa empati yang kemudian dapat mendorong audiens untuk mempertimbangkan kembali persepsi mereka tentang penggunaan produk lokal dari analogi makanan pete tersebut.

  • Logos, Iklan filosofi pete ini menggunakan narasi personal yang fakta dan nyata dengan kehidupan seseorang. Kisah yang digunakan adalah orang yang awalnya tidak suka dengan pete kemudian berubah pikiran karena telah merasakan pete untuk kedua kalinya yang dapat menjadi perbandingan yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Selain itu, terdapat juga Elemen Dialektika pada iklan Tokopedia yang berjudul Filosofi Pete ini yang dapat diuji kebenaran dan realitas dari iklan ini seperti:

  • Premis, Iklan memberikan argumen dan bukti bahwa produk lokal seringkali dianggap kurang berkualitas. Seperti pertanyaan yang diajukan ibu-ibu pada iklan Tokopedia tersebut adalah ini buatan Indonesia? Emang bagus?

Contoh cuplikan  bukti gambar yang diambil dari video tersebut :

Sumber: https://youtu.be/Tokoppedia
Sumber: https://youtu.be/Tokoppedia
  • Argumen, salah satu argument pendukung yang diberikan adalah "produk lokal saat ini sudah berkembang dan memiliki kualitas yang baik, dengan bahan baku berkualitas, proses produksi berstandar tinggi, dan tenaga kerja lokal yang berkontribusi pada perekonomian Indonesia.''

Contoh bukti gambar yang diambil dari cuplikan tersebut:

Sumber: https://youtu.be/Tokoppedia
Sumber: https://youtu.be/Tokoppedia

Sumber:https://youtu.be/Tokoppedia
Sumber:https://youtu.be/Tokoppedia

Kemudian Teknik iklan Tokopedia dengan judul Filosofi Pete ini dapat dikatakan Efektif dalam mempengaruhi audiens karena relatable atau nyata dikehidupan sehari-hari masyarakat dan kisah tentang Filosofi Pete ini mudah dipahami oleh banyak orang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun