Mohon tunggu...
MUHAMAD ABDIKA MAFRUH
MUHAMAD ABDIKA MAFRUH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Mesin

Mechanical Engineering student

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UBP Karawang Melaksanakan KKN di Desa Kutakarya, Meningkatkan Pemasaran dan Pengembangan Produk UMKM di Era Digitalisasi

9 Juli 2022   16:33 Diperbarui: 9 Juli 2022   16:44 450
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang (UBP) yang terdiri dari 14 Mahasiswa dalam satu kelompok dengan berbagai Program Studi (Prodi) melakukan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertema Inovasi dan Digitalisasi UMKM Menuju Masyarakat Mandiri, dengan dosen Pembimbing Lapangan Qorrie Annisa, S. Pd. I., M. Pd. di Desa Kutakarya, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Waktu pelaksanaan yang sudah dijadwalkan mulai dari 1 Juli 2022 sampai dengan 31 Juli 2022, harapan dari kegiatan KKN UBP Karawang menghasilkan dampak positif bagi masyarakat Desa, serta manfaat bagi Mahasiswa yang di dapat setelah kegiatan berakhir. 

Sesuai Informasi yang didapat dari Kepala Desa Kutakarya H. Hendri, Masyarakat Desa Kutakarya ini mayoritas bekerja sebagai petani, dari sektor lainnya Desa ini Memiliki beberapa lokasi UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi Masyarakat yang lebih mandiri dan Maju.  

Muhamad Abdika Mafruh selaku Ketua Kelomopok KKN Desa Kutakarya memfokuskan target Program Kerja Kelompok dalam bidang " Meningkatkan Pemasaran dan Pengembangan Produk" dengan cara merubah kemasan agar produk terlihat lebih menarik dan mendaftarkan UMKM tersebut seperti pembuatan E-Commerce Adapun pemasaran melalui media sosial seperti Facebook, Whatssap dan Instagram.  

Dimana hal ini bertujuan agar target pasar yang dijangkau hanya dari pasar offline saja tetapi memiliki media lain yaitu pasar online. Selain daripada itu agar produk bisa dikenal masyarakat secara luas dan meningkatkan Perekonomian Desa, seperti mempekerjakan masyarakat desa tersebut. 

Dengan demikian, salah satu upaya untuk meningkatkan UMKM yang ada di Desa Kutakarya, Mahasiswa berperan aktif membantu UMKM tersebut agar mendapatkan penghasilan atau peningkatan pembeli yang lebih baik dengan pemanfaatan inovasi dan digitalisasi oleh media sosial dan market place, dalam hal ini dapat meningkatkan UMKM ekonomi kreatif yang berada di Desa Kutakarya.  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun