Kegiatan pendidikan akan benar-benar berubah di era digital dan internet saat ini. Pembelajaran digital membuat ruang kelas menjadi lebih inovatif, terlibat, beragam, dan menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan teknologi dalampembelajaran IPS diera digital saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dimana data penelitiannantinya akan di dapat dari buku referensi, hasil penelitian sebelumnya yang serupa, artikel, catatan, dan berbagai jurnal yang berhubungan dengan topikpenelitian. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa Teknologi informasi sangat berperan dalam pendidikan IPS dalam berbagai cara, seperti sebagai tambahan, pelengkap, dan pengganti. Pengimplementasian teknologi dalam pendidikan IPS dapat di lakukan dengan berbagai cara, seperti penggunaan zoom, teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), menggunakan platform pembelajaran daring atau E-learning dan masih banyak lainnya. Untuk kendala yang dialami adalah masalah memahami bahasa pemrograman, kesulitan mengoperasikan software, dan sulitnya menemukan bahan pendukung.Â
Berikut artikel lengkap
https://drive.google.com/drive/folders/1qEPhtBlCwK1BAEmHEYAlZUkY2kHEaRpx
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H