Mohon tunggu...
Odila Paska
Odila Paska Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Analisa Unsur Intrinsik Cerpen "Pesan Pendek dari Sahabat Lama" Karya Indra Tranggono

3 Maret 2017   15:29 Diperbarui: 3 Maret 2017   15:42 2417
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Cerpen berjudul "Pesan Pendek dari Sahabat Lama" merupakan sebuah cerpen karya Indra Tranggono. Cerita ini menceritakan tentang tokoh Aku yang kehilangan sahabatnya semenjak kerusuhan 30 tahun yang lalu. Dikisahkan tokoh Aku merupakan seorang gubernur. Ia bertemu kembali dengan Gardaz, sahabatnya. Ia merasa bersalah dengan Gardaz karena ia sekarang merupakan seorang gubernur, padahal ia dan Gardaz merupakan pejuang melawan tirani. Gardaz yang kini menjadi seorang geladangan datang kembali untuk untuk meminta kebaikan hati tokoh aku tersebut. 

   Cerpen ini merupakan cerpen yang sangat bagus, dilihat dari tata bahasanya. Didukung dengan unsur pembangun yang baik, yaitu unsur intrinsik. berikut merupakan analisa dari unsur intrinsik cerpen "Pesan Pendek dari Sahabat Lama".

  • Sudut pandang cerita : sudut pandang orang pertama tokoh utama

 “ Aku meminta ajudanku meninggalkan kami. Aku mengajak dia masuk ruang tamu….”

  • Tokoh :

Gardaz

 “Ya, tamu itu benar-benar Gardaz,….”

Aku

 “Aku telah kehilangan dia mungkin sekitar 30 tahun….”

istri tokoh aku

 “Istriku mencegahku. Dia memintaku untuk….”

  • Latar :

tempat :

-kota margaz

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun