Mohon tunggu...
Jim Nurian
Jim Nurian Mohon Tunggu... Lainnya - jangan luput, hanya menghilang

dalam sunyi malam ini, parasmu ramai terbayang di kerumunan hujan. berdamai dengan pelangi yang luput, menjelma kenangan yang setiap pagi ku seruput.

Selanjutnya

Tutup

Film

Bedah Karakter Utama Serial "Friends" dan Nilai-nilai yang Bisa Diambil

21 Agustus 2021   22:15 Diperbarui: 21 Agustus 2021   22:18 3405
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://friends.fandom.com/wiki/Friends_Wiki

OCTAVIANUS BRYAN -- Friends adalah serial sitkom terbaik menurut saya sejauh ini. Sebelumnya saya sudah menonton beberapa acara serupa, seperti The Big Bang Theory (on progress), Victorious, Sam and Cat, Henry Danger, dan The Thundermans. Namun sejauh ini saya bisa bilang Friends lah yang terbaik. Saya merasa nyata dan sangat dekat sekali dengan para tokoh ketika menyaksikan Friends.  

Out of topic, di usia yang ke-22 tahun ini, saya hanya mempunyai beberapa orang teman yang mungkin bisa saya katakan sebagai teman. Jelas definisi teman yang saya alami jauh berbeda dengan apa arti teman dalam serial favorit saya itu. Walaupun begitu, ketika saya menonton serial ini, saya merasa Chandler, Joey, Monica, Rachel, Ross, dan Phoebe adalah teman terbaik yang justru selalu menghibur saya. Di mana sebelum mengenal serial ini, saya merasa tawa dan bahagia hanya berasal dari saya. Sayalah yang bisa menciptakan bahagia untuk diri saya sendiri. Ternyata, setelah saya melumat habis serial ini, pandangan itu bisa saja keliru. Mereka yang tulus, apa adanya, dan sepenuh hati adalah bintang-bintang yang sulit ditemukan. Dan ketika kita sudah menemukannya, jangan sekali-sekali untuk melepasnya.

Phoebe Buffay (https://friends.fandom.com/wiki/Phoebe_Buffay)
Phoebe Buffay (https://friends.fandom.com/wiki/Phoebe_Buffay)
Saya belajar sangat banyak hal dari para karakter di serial ini. Dari Phoebe Buffay, saya belajar untuk menjadi diri saya sendiri. Menjadi apa adanya. Tidak perlu malu terhadap segala sesuatu yang membuat kita bahagia. Dari karakter ini juga saya belajar untuk tidak perlu menaruh banyak peduli terhadap pendapat orang tentang kita. Kita hanya perlu melakukan apa yang kita suka dan senangi, serta fokus pada hal-hal yang membuat kita bahagia melakukannya.

Monica Geller (https://friends.fandom.com/wiki/Monica_Geller)
Monica Geller (https://friends.fandom.com/wiki/Monica_Geller)
Dari karakter Monica Geller, kedisiplinan dan keteraturan adalah dua dari banyak hal yang bisa saya ambil. Pola hidup sehat serta pantang menyerah untuk mencapai target yang kita inginkan adalah hal lainnya. Saya juga menyukai karakter penyayang dari Monica yang seringkali menjadi tempat teman-temannya mencurahkan hati atau meminta pendapat.

Rachel Green (https://friends.fandom.com/wiki/Rachel_Greene)
Rachel Green (https://friends.fandom.com/wiki/Rachel_Greene)
Lanjut kita ke karakter Rachel Green. Sebenarnya jujur saya tidak terlalu menemukan sesuatu yang signifikan dan melekat dari karakter ini. Karakter manja, labil, dan egois yang beberapa kali membuat saya kesal juga menontonnya. Tapi saya merasa karakter Rachel ini adalah sosok pemanis dan pendengar yang baik, terutama dalam sebuah tongkrongan. Satu hal yang sangat penting adalah menemukan kemandirian sebagai jati diri adalah sesuatu yang sulit dan bisa dilakukan oleh Rachel. Bravo Rachel!

Ross Geller (https://friends.fandom.com/wiki/Ross_Geller)
Ross Geller (https://friends.fandom.com/wiki/Ross_Geller)
Setelah karakter wanita, sekarang kita lanjut ke karakter pria. Kita mulai dari Ross Geller. Karakter ini menurut saya adalah karakter paling sabar dan tabah dalam menjalani hidupnya. Dia menikah sebanyak tiga kali, putus-sambung hubungan dengan Rachel, serta rela menunggu begitu lama untuk cinta sejatinya. Kerelaannya memutuskan hubungan dengan orang yang dia cintai demi cinta sejatinya adalah pengorbanan yang sangat besar. Keyakinannya terhadap Rachel Green sebagai pasangan hidup adalah sebuah pengalaman yang sangat sulit dipahami dan hanya bisa dilakukan oleh kekuatan cinta mahadahsyat Ross Geller.

Joey Tribbiani (https://friends.fandom.com/wiki/Joey_Tribbiani)
Joey Tribbiani (https://friends.fandom.com/wiki/Joey_Tribbiani)
Selanjutnya kita ke karakter Joey. Menurut saya, Joey adalah karakter paling lucu dan kocak di serial ini. Karakternya yang polos, telmi, dan apa adanya membuat saya seringkali terpingkal dalam beberapa adegan Joey. Satu hal yang saya kagumi dari karakter ini adalah keberanian dan kepercayaan untuk mewujudkan mimpinya sebagai seorang aktor. Walaupun dalam beberapa hal, orang-orang bahkan teman terdekatnya meragukan mimpi Joey, tapi ia terus berjuang dan berusaha untuk meraih dan mewujudkannya. Joey mencintai apa yang dia kerjakan dan itu luar biasa. Keren Joey!

Chandler Bing (https://friends.fandom.com/wiki/Chandler_Bing)
Chandler Bing (https://friends.fandom.com/wiki/Chandler_Bing)
Tokoh terakhir yang paling cocok dengan saya dalam hal cinta, dialah Chandler Bing *curhat alert. Kelabilannya dalam hal cinta dan jatuh bangun hingga menemukan Monica Geller sebagai cinta sejati adalah pengalaman pribadi yang pernah saya lalui *curhat alert lagi. Di samping itu, keyakinannya untuk berani mengambil risiko meninggalkan pekerjaan besarnya demi mengerjakan sesuatu yang dia cintai adalah satu dari sekian banyak hal yang saya kagumi. Bahwa hidup bukan sekedar untuk mendapatkan apa yang kita butuhkan, tapi juga melakukan apa yang kita inginkan, melakukan apa yang kita cintai.

Baik secara keseluruhan, saya sudah menjabarkan bagaimana para karakter dapat menjadi sosok yang begitu meresap dalam pikiran dan hidup saya sehari-hari. Memberikan nilai-nilai yang mungkin selama ini saya kurang sadari. Menyadarkan saya dalam kenyataan baru bahwa dalam kondisi apa pun, pribadi ini selalu punya nilai yang bisa diberikan untuk orang lain.

Dengan begitu, saya akan membuat rating abal-abal ala saya terhadap ke-6 karakter utama Friends, mulai dari yang paling favorit hingga yang tidak. Sekali lagi, ini menurut saya.

  1. Joey Tribbiani
  2. Chandler Bing
  3. Ross Geller
  4. Monica Geller
  5. Phoebe Buffay
  6. Rachel Green

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun