Mohon tunggu...
Ocky Windana
Ocky Windana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Logistik - Universitas Diponegoro

Menyukai kegiatan wirausaha

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Gandeng UMKM Desa Pracimantoro Kenali Digital Marketing

13 Februari 2023   15:52 Diperbarui: 13 Februari 2023   15:56 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wonogiri, 13 Februari 2023 - Masa pandemi memberikan banyak perubahan tentang cara komunikasi dan pemasaran suatu produk. Di masa sekarang ini, tren pemasaran mulai merambah ke arah digital marketing. Nah, apa sih yang dimaksud dengan digital marketing?

Digital marketing merupakan suatu metode pemasaran produk/jasa yang mengacu pada media digital seperti website, email, dan juga social media. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.

Selain itu, digital marketing juga bertujuan untuk:

  • Meningkatkan pangsa pasar
  • Meningkatkan pendapatan penjualan
  • Mengurangi biaya distribusi dan promosi
  • Mencapai tujuan CRM
  • Memperbaiki manajemen rantai suplai

Namun, berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan bersama tim, banyak UMKM di Desa Pracimantoro, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri yang masih belum memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usahanya. Padahal banyak sekali cara untuk mengembangkan usahanya, salah satunya yaitu pemasaran berbasis digital atau digital marketing. Maka dari itu, Mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 Tahun 2022/2023 (Berthania Ocky Windana) mencetuskan program yaitu pengenalan digital marketing bagi UMKM di Desa Pracimantoro dengan sistem door to door.

Program ini dimulai dari kegiatan observasi lapangan yaitu ke berbagai tempat pelaku UMKM, kemudian menentukan janji temu, serta pelaksanaan kegiatan pengenalan digital marketing. Program ini berlangsung selama 3 hari, yaitu pada tanggal 7, 8, dan 9 Februari 2023 dengan sasaran kedai kopi, produsen jenang, produsen keripik emping melinjo, pemilik otlet parfum, kedai seblak, dll.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan sosialisasi ini meliputi penjelasan secara umum digital marketing, tujuan, keuntungan dan kelemahan, strategi branding, strategi digital marketing, cara membuat iklan yang menarik, cara-cara pengembangan pemasaran melalui digital marketing berbasis e-commerce (shopee, lazada, tokopedia, dll), dan berbasis sosial media (WhatsApp Business dan Instagram) bersamaan dengan pembagian modul sebagai media memperluas pengetahuan mengenai digital marketing. Untuk praktiknya, para pelaku UMKM ini mulai mencoba menggunakan e-commerce dan media sosial (Whatsapp dan Instagram) untuk memperluas pemasarannya.

Dokpri
Dokpri

Dari rancangan program ini, harapannya semoga para pelaku UMKM terus mengimplementasikan pemasaran digital secara berkelanjutan. Tidak lupa, Mahasiswa KKN juga terus memotivasi agar para pelaku UMKM tidak mengabaikan pemasaran digital. Karena mengabaikan pemasaran digital sama seperti membuka bisnis tapi tidak memberitahu satupun orang. Atau dalam kata lain sia-sia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun