Mohon tunggu...
Nyu HerdiyantoA
Nyu HerdiyantoA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berbagi kehidupan dengan yang hidup

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Digital Marketing untuk Mengembangkan Usaha Ikan Cupang di Masa Pandemi Covid-19

1 September 2021   10:00 Diperbarui: 1 September 2021   10:04 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jember (31/8/2021),  Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis UMKM menjadi salah satu sektor yang paling merasakan dampak wabah Virus Corona (COVID-19). Sejak terjadinya wabah Corona, tentu saja hal ini berdampak pada daya beli dari masyarakat itu sendiri. Hal inilah yang membuat penjualan UMKM mengalami penurunan. 

Wabah Corona memang sangat berdampak terhadap bisnis UMKM. Jika sudah seperti ini, para pemilik bisnis UMKM pun harus siap sedia dalam mengantisipasinya agar usahanya tetap produktif dan tidak gulung tikar.

Digitalisasi menjadi sebuah kebutuhan penting, terbukti di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memberikan kenaikan pada pemanfaatan e-learning, e-Commerce, literasi digital, permintaan delivery, dan kebutuhan alat kesehatan/kebersihan. Namun kita tidak dapat memungkiri adanya permasalahan digitalisasi UMKM. 

Di beberapa daerah terpencil keterbatasan akses internet masih menjadi kendala. Pemahaman dari pelaku UMKM terhadap teknologi, pemasaran online terbatas, proses produksi dan akses pasar daring yang masih dinilai belum cukup maksimal.

Pemasaran cupang yang dilakukan oleh sasaran KKN ini tergolong konvensional. Sasaran masih belum mengoptimalkan teknologi yang ada untuk memaksimalkan keuntungan yang bias didapatkan. 

Kurangnya pemahaman mengenai digital marketing memamng menjadi masalah yang harus diselesaikan salah satunya oleh mahasiswa, karena mahasiswa juga bertindak sebagai agent of change yang diharapkan mampu membawa perubahan positif di lingkungan bermasyarakat.

KKN BTV 3 Universitas Jember yang bertemakan Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak COVID-19 memiliki tujuan untuk membantu pelaku UKM agar bisa bertahan dan mengembangkan usahanya dimasa pandemic ini. 

Salah satu metode  yang dapat dilakukan adalah memberikan pelatihan mengenai peran digital marketing dalam upaya meningkatkan pendapatan UKM yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19. 

Hasil dari kegiatan KKN ini yaitu Digital Marketing dapat meningkatkan pendapatan UMKM  di tengah pandemi Covid-19 sehingga berdampak pada meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun