Mohon tunggu...
Nyimas Aulia Zalma
Nyimas Aulia Zalma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Menikmati berbagai hal seperti musik, film, buku, dan permainan meja Dungeons&Dragons.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penyampaian Pesan yang Efektif Penting dalam Komunikasi Pemasaran dan Periklanan

6 Juli 2024   14:37 Diperbarui: 6 Juli 2024   14:38 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Freepik

Nama : Nyimas Aulia Zalma

NIM : 23010400229

Mata Kuliah : Pengantar Advertising

Prodi : Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dosen Pengampu : Jamiati KN, M.I.Kom

Mengenal Konsep Komunikasi Pemasaran dan Periklanan

Dalam buku Marketing Management edisi ke-15 oleh Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2016) bahwa di abad ke-21 ini memberikan gambaran perubahan dalam komunikasi pemasaran, khususnya karena adanya efek kedatangan teknologi digital dan globalisasi. Semakin luasnya cakupan yang bisa digapai, strategi komunikasi yang digunakan harus lebih efektif.

Disebutkan oleh Philip Kotler (2016) definisi komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung atau tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual. Menurutnya periklanan merupakan alat strategis yang bila dilakukan dengan efektif bersama dengan elemen komunikasi pemasaran, akan meningkatkan pengaruh keputusan akhir konsumen terhadap produk atau layanan yang dituju.

Pada komunikasi pemasaran, terdapat komunikasi periklanan yang menjadi elemen komunikasi penting. Komunikasi pemasaran yang mencakup beragam metode dan media, promosi penjualan, periklanan, pemasaran langsung, ditambah pada zaman digital ini, pemasaran digital juga menjadi hal krusial. Sedangkan pada komunikasi iklan yang berfokus khusus pada promosi produk atau layanan melalui media yang dibayar, strategi media, . Keduanya memiliki tujuan yang serupa, walaupun komunikasi pemasaran fokus untuk membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan melalui pesan yang terus menerus serta menarik. Komunikasi iklan lebih konsen untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan pelanggan terhadap produk atau layanan yang terkait.

Elemen yang Terlibat dalam Komunikasi Pemasaran serta Tujuannya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun