Nama : Nyimas Aulia Zalma
NIM : 23010400229
Mata Kuliah : Pengantar Advertising
Prodi : Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Dosen Pengampu : Jamiati KN, M.I.Kom
Mengenal Konsep Komunikasi Pemasaran dan Periklanan
Dalam buku Marketing Management edisi ke-15 oleh Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2016) bahwa di abad ke-21 ini memberikan gambaran perubahan dalam komunikasi pemasaran, khususnya karena adanya efek kedatangan teknologi digital dan globalisasi. Semakin luasnya cakupan yang bisa digapai, strategi komunikasi yang digunakan harus lebih efektif.
Disebutkan oleh Philip Kotler (2016) definisi komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung atau tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual. Menurutnya periklanan merupakan alat strategis yang bila dilakukan dengan efektif bersama dengan elemen komunikasi pemasaran, akan meningkatkan pengaruh keputusan akhir konsumen terhadap produk atau layanan yang dituju.
Pada komunikasi pemasaran, terdapat komunikasi periklanan yang menjadi elemen komunikasi penting. Komunikasi pemasaran yang mencakup beragam metode dan media, promosi penjualan, periklanan, pemasaran langsung, ditambah pada zaman digital ini, pemasaran digital juga menjadi hal krusial. Sedangkan pada komunikasi iklan yang berfokus khusus pada promosi produk atau layanan melalui media yang dibayar, strategi media, . Keduanya memiliki tujuan yang serupa, walaupun komunikasi pemasaran fokus untuk membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan melalui pesan yang terus menerus serta menarik. Komunikasi iklan lebih konsen untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan pelanggan terhadap produk atau layanan yang terkait.
Elemen yang Terlibat dalam Komunikasi Pemasaran serta Tujuannya