Mohon tunggu...
Nydia AmandaHafidza
Nydia AmandaHafidza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Brawijaya

Saya adalah Mahasiswa Univeritas Brawijaya, D4 Manajemen Perhotelan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa MMD UB 2024 Bantu Kembangkan Kreativitas dan Keterampilan Motorik Halus Siswa Kelas Dua dan Tiga SDN 4 Baturetno, Singosari, Kab. Malang

6 Agustus 2024   17:23 Diperbarui: 6 Agustus 2024   17:24 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Singosari, 23 Juli 2024 – Kelompok 14 Mahasiswa Membangun Desa (MMD) Universitas Brawijaya (UB) 2024 sukses melaksanakan kegiatan “Pengembangan Kreativitas Anak melalui Program Menggambar dan Mewarnai” di SDN 4 Baturetno. Program ini bertujuan untuk membantu anak-anak mengekspresikan perasaan dan ide-ide mereka melalui seni, mengembangkan keterampilan motorik halus, serta memotivasi mereka untuk lebih berpartisipasi dalam kegiatan kreatif.


Kegiatan ini dimulai dan dipandu oleh Nydia Amanda Hafidza, penanggung jawab program kerja ini, dengan mencairkan suasana kelas dahulu sebelum memulai kegiatan melalui sesi bernyanyi bersama yang diikuti dengan antusias oleh anak-anak. Setelah suasana kelas mencair, kertas bergambar yang siap untuk diwarnai dibagikan kepada anak-anak. 

Mereka diberi kebebasan untuk mewarnai sesuai dengan kreativitas dan imajinasi masing-masing tanpa dibatasi aturan warna tertentu. Hal ini bertujuan untuk melatih pengembangan kreativitas anak-anak dalam mengekspresikan seni yang ada di dalam diri mereka. Anak-anak mengerjakannya dengan cukup kondusif dan mengikuti instruksi yang diberikan dengan baik sepanjang kegiatan mewarnai berlangsung.

Anak-Anak Menggambar dengan Kondusif //Dok. Pribadi
Anak-Anak Menggambar dengan Kondusif //Dok. Pribadi

Setelah selesai, hasil gambar dikumpulkan dan dinilai. Beberapa anak dengan hasil gambar terbaik mendapatkan hadiah sebagai bentuk penghargaan atas kreativitas mereka. Namun, tidak hanya anak-anak dengan gambar terbaik saja yang mendapat hadiah. Seluruh anak-anak yang ikut mewarnai mendapatkan snack sebagai bentuk apresiasi dan tanda terima kasih atas partisipasi mereka dari awal hingga akhir kegiatan.

Anak-Anak dengan Gambar Terbaik //Dok. Pribadi
Anak-Anak dengan Gambar Terbaik //Dok. Pribadi

Sebelum kegiatan benar-benar berakhir, anak-anak diberi kesempatan untuk menulis kesan dan pesan mereka di sticky notes. Mereka bebas mengekspresikan perasaan mereka terhadap kegiatan yang telah mereka ikuti. Sebagian besar kesan dan pesan yang dituliskan anak-anak sangat mengharukan. Mereka memberikan umpan betapa senangnya mengikuti kegiatan ini. Bahkan, beberapa anak secara langsung menyampaikan keinginan mereka agar Amanda kembali datang esok hari untuk melakukan kegiatan ini lagi di kelas mereka.

Tulisan Sticky Notes Anak-Anak //Dok. Pribadi
Tulisan Sticky Notes Anak-Anak //Dok. Pribadi
“Kak Amanda besok ke sini lagi ya.” Ujar salah satu siswa.

Dibalik aktivitas mewarnai yang menyenangkan ini, anak-anak mendapat manfaat yang signifikan dalam melatih motorik halus mereka. Melalui kegiatan mewarnai, anak-anak belajar mengontrol gerakan tangan dan jari mereka sehingga membantu perkembangan keterampilan yang memerlukan ketepatan dan koordinasi antara tangan dengan mata.

Menggambar Menggunakan Beberapa Media //Dok. Pribadi
Menggambar Menggunakan Beberapa Media //Dok. Pribadi
Kegiatan ini tidak hanya meninggalkan kesan mendalam bagi anak-anak, tetapi juga diharapkan dapat membantu pengembangan kreativitas mereka secara tidak langsung. Selain itu, adanya program ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pihak sekolah untuk terus mendukung dan menyediakan ruang bagi anak-anak dalam mengekspresikan kreativitas mereka.

Foto Bersama Sebelum Kegiatan Berakhir //Dok. Pribadi
Foto Bersama Sebelum Kegiatan Berakhir //Dok. Pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun