Mohon tunggu...
Demianus Nahaklay
Demianus Nahaklay Mohon Tunggu... Dosen - Announcer

Menjadi penyiar di radio adalah tugas mulia yang memungkinkan untuk mengedukasi, membangun persahabatan dan memberi solusi atas masalah sosial di masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tagana

13 November 2023   19:26 Diperbarui: 18 November 2023   09:51 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri  fb: Nus Nahaklay, 8 September 2021, Seragam Tagana Indonesia

Tagama

Ketika seseorang tidak mengetahui tentang kita, mereka cenderung bertanya-tanya, ingin tahu siapa kita sebenarnya. Mereka menanyakan nama, pekerjaan, dan hal-hal lainnya. Izinkan saya berbagi sedikit kisah saat saya menjadi anggota Tagana. Pada pagi itu, tanggal 17 Agustus 2020, saya keluar dari rumah dengan lengkap mengenakan pakaian seragam PDH Tagana menuju ke Lapangan Merdeka Ambon untuk mengikuti Upacara Peringatan HUT Proklamasi.

Saat berjalan melewati sebuah  lorong kecil, banyak anak-anak tetangga yang berteriak, "Om polisi...! Om Polisi....!" Ini mungkin wajar, karena seragam dinas yang saya kenakan memiliki kemiripan warna dengan seragam seorang anggota Polisi yang kebetulan tinggal di lingkungan tempat tinggal saya. Suatu waktu, saat saya membeli paket data di tempat penjualan pulsa, penjual pulsa  tiba-tiba terkejut melihat penampilan saya dengan pakaian seragam PDH Tagana, mendekati tempat jualannya. Ia mengira saya seorang polisi yang akan menangkapnya.

Tidak hanya itu, postingan kegiatan saya di Facebook yang menampilkan seragam PDH Tagana membuat teman-teman kuliah mengira bahwa saya seorang guru PNS. Mereka bertanya di mana tempat mengajar saya, mengira bahwa saya bekerja sebagai guru di sekolah karena warna pakaian saya agak mirip dengan seragam dinas PNS. Bahkan, mereka mengetahui latar belakang pendidikan saya sebagai pendidik.

Hal ini membuat saya menyadari bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu Tagana. Melalui tulsan ini saya ingin memperkenalkan lebih lagi kepada pembaca ap aitu Tagana?

TAGANA, adalah suatu organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial yang berbasiskan masyarakat. Pembentukan TAGANA merupakan suatu upaya untuk memberdayakan dan mendayagunakan generasi muda dalam berbagai aspek penanggulangan bencana, khususnya yang berbasis masyarakat. Keberadaan TAGANA telah banyak melakukan kegiatan kemanusiaan dalam bencana dan kegiatan kesejahteraan sosial yang akhirnya menjadi salah satu organisasi yang diterima oleh masyarakat.

Selain itu hampir semua anggota TAGANA wajib mengikuti pelatihan dibidang penanggulangan bencana dan bidang kesejahteraan sosial, menyebabkannya mampu melaksanakan aneka peranan di bidang penanggulangan bencana. Sebagai suatu organisasi, TAGANA mampu mengembangkan program dan kegiatannya secara berkelanjutan. (bpbd@probolinggokab.go.id).

Tagana adalah sebuah organisasi dibawah kemeterian Sosial RI Nomor 29 Tahun 2012. Pada bab II Tugas dan Fungsi Pasal 5 TAGANA mempunyai tugas membantu Pemerintah dan pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana baik pada saat prabencana, saat tanggap darurat maupun saat pasca bencana serta tugas-tugas penanganan permasalahan sosial lainnya yang terkait dengan penanggulangan bencana.

Mungkin ada yang bertanya apa syarat menjadi anggota Tagana? Apa visi dan Misinya?

Berdasarkan SK Kementrian Sosial RI Nomor 29 Tahun 2012. Calon TAGANA harus memenuhi syarat :

 a. Warga Negara Indonesia laki-laki maupun perempuan;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun