Mohon tunggu...
NuryadinFadli
NuryadinFadli Mohon Tunggu... Administrasi - Guru

senantiasa belajar menemukan hal baru

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Bersepeda Itu adalah Kebutuhan

9 Mei 2024   21:52 Diperbarui: 9 Mei 2024   22:13 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

"Sehat itu tidak menarik selama kesehatan itu masih kita miliki, sehat itu menjadi menarik ketika dia sudah tidak lagi kita miliki" demikian Mas Ade Ray pernah berkata dalam salah satu video di channel YouTube-nya. Dan karena kata kata itulah, saya yang usianya sudah menginjak kepala 4, memaksakan diri untuk senantiasa berolahraga setiap hari dengan bersepeda. 

Mengapa saya memilih bersepeda? Bagi saya di usia yang sudah menginjak kepala 4, rasanya bersepeda adalah olahraga yang paling cocok untuk senantiasa merawat kesehatan dan memelihara kebugaran. 

Sebelum memutuskan untuk memilih olahraga sepeda, saya mencoba olahraga lari saya rutinkan, dan ternyata lari itu berat bagi saya. Pernah juga merutinkan olahraga bulutangkis, dan lagi lagi bulutangkis  tidak cocok buat saya, tangan pegal-pegal padahal sudah lumayan lama bermain bulutangkis. Dan akhirnya setelah saya mencoba coba tentang olahraga mana yang cocok buat saya, akhirnya saya putuskan untuk fokus di olahraga sepeda. 

Bersepeda itu menyenangkan, selain bisa menguatkan otot-otot kaki, bersepeda juga bisa menjelajahi berbagai macam tempat dan lokasi dengan segala keunikannya. Kalau olahraga lari yang pernah saya lakukan paling jauh menempuh jarak 5km dan itu sudah melelahkan sekali, tetapi dengan bersepeda saya bisa menempuh 30km dengan menyenangkan, tidak membosankan karena banyak tempat yang bisa kita kunjungi. 

Disamping yang sudah saya sebutkan diatas, rutin bersepeda juga membuat tubuh saya selalu bugar dan jarang masuk angin. Rumah dan tempat kerja saya lumayan jauh, dan itu saya tempuh dengan motor, dan masuk angin sering saya alami. Tetapi setelah saya merutinkan olahraga sepeda, alhamdulillah masuk angin tidak lagi menyapa tubuh saya. 

Dan merasakan banyak sekali manfaat dari olahraga utamanya olahraga sepeda, maka saya akan senantiasa mendisiplinkan tubuh ini untuk selalu berolahraga bersepeda. 

Di tempat saya tinggal, di kota kecil, tidak ada yang namanya jalur khusus buat sepeda, tetapi semua itu tidak menghilangkan minat saya untuk terus berolahraga bersepeda. 

Kekhawatiran tentu ada bilamana hal hal yang tidak diinginkan terjadi dengan saya, misalnya tersenggol pengendara bermotor, tetapi sekali lagi itu tidak menyurutkan niat saya untuk senantiasa berolahraga dengan sepeda. Yang penting jangan lupa berdo'a sebelum bersepeda, pasrahkan keselamatan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Semoga kita sehat selalu, dan tetaplah berolahraga. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun