Mohon tunggu...
Nurwendo Haricahyadi
Nurwendo Haricahyadi Mohon Tunggu... Dosen - Anak Kolong Yang Gemar Menulis

1. Ketua DPP KNPI 1996-1999 2. Ketua PP Generasi Muda FKPPI 1998-2001 3. Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan Generasi Muda FKPPI 2008-2018 4. Anggota DPR/MPR RI 1997-2002 5. Dosen 1984-Sekarang 6. Penulis Buku 2020-Sekarang 7. Penulis Di UC We Media 2017-2020

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Berburu Buku Buku Lawas

27 Juli 2023   15:34 Diperbarui: 27 Juli 2023   15:39 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumen pribadi 

Selamat sore sobat, 

Sekitar sebulan yang lalu, saya mencari sebuah buku lawas di lapak buku online tentang presiden kedua RI HM Suharto yang berjudul "Pak Harto, The Untold Stories". Saat terbit saya memang tidak membeli buku ini dan baru ada keinginan untuk memilikinya sekarang.

Buku yang saya cari ini ternyata masih cukup banyak yang jual di lapak online dengan harga yang bervariasi dan yang dijual adalah buku bekas. Sebelum membeli, saya teliti dulu reputasi yang jual dan kondisi buku yang dijual. 

Kemudian saya menemukan penjual yang berdomisili di kota Malang, menjual buku pak Harto ini dengan harga yang tergolong murah untuk buku setelah lebih dari 600 halaman dengan sampul hard cover. Penjual ini juga memberikan video tentang kondisi buku yang dijualnya. Setelah melihat video itu, saya menilai buku masih sangat baik tak ada cacat dan goresan dan menurut penjual bahwa buku ini milik kakaknya dan hanta dia yang membacanya. Saya putuskan untuk membeli buku ini.

Hanya berselang dua hari, buku yang saya inginkan sudah tiba di rumah dan kondisi buku seperti yang saya lihat di video, masih seperti baru .. Alhamdulillah ..

Setelah meniliki buku pak Harto, saya menjadi tertarik untuk membeli buku buku lawas lainnya dan jadilah saya seperti seorang pemburu yang mengincar mangsanya di lapak lapak buku online yang tergabung dalam e-comerce yang begitu familiar di publik Indonesia. 

Saya pun membeli buku kedua yang mengupas tuntas perjalanan karir dari seorang tokoh terkenal yakni Surya Paloh. Bang Surya, begitu saya menyapanya. Beliau adalah salah satu pendiri ormas FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-POLRI). Sebuah organisasi dimana saya pernah aktif cukup lama dan meniti karier sebagai seorang politisi. Buku tentang bang Surya yang saya beli berjudul "Surya Paloh, Menantang Arus Melawan Badai". 

Tak berhenti sampai disitu, perburuan buku lawas terus berlanjut. Saya menemukan buku bagus tentang mantan Menhankam dan Pangab/Pangkopkamtib Jenderal TNI LB Moerdani yang berjudul "Benny Moerdani" dan buku yang ditulis oleh mantan Menteri dan Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) Jenderal TNI AM. Hendropriono yang berjudul "Operasi Sandi Yudha". Kedua buku yang begitu luar biasa menurut saya. 

Tak berapa lama, saya mendapatkan buku yang ditulis oleh mentor dan motivator dan sekaligus yang menjadikan saya sebagai seorang penulis, yakni bapak Haji Thamrin Dahlan, SKM, MSi. Buku yang berjudul "Prabowo Presidenku" ini pernah menjadi best seller di tahun 2014 jelang Pemilihan Presiden. 

Buku buku yang saya beli di atas memang belum saya baca sampai tuntas namun saya cicil membacanya agar mata tak terlalu lelah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun