Mohon tunggu...
Nurwendo Haricahyadi
Nurwendo Haricahyadi Mohon Tunggu... Dosen - Anak Kolong Yang Gemar Menulis

1. Ketua DPP KNPI 1996-1999 2. Ketua PP Generasi Muda FKPPI 1998-2001 3. Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan Generasi Muda FKPPI 2008-2018 4. Anggota DPR/MPR RI 1997-2002 5. Dosen 1984-Sekarang 6. Penulis Buku 2020-Sekarang 7. Penulis Di UC We Media 2017-2020

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Buah Pala, Makanan Favorit

8 Februari 2023   13:19 Diperbarui: 8 Februari 2023   13:25 789
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : sumberpost.com 

Selamat siang sobat, 

Sejak kecil hingga sudah lansia, buah pala masih menjadi makanan favorit saya. Buah pala yang paling saya sukai adalah  buah pala yang sudah diolah menjadi manisan. Adapun manisan pala ada banyak jenisnya. Manisan pala basah yang dicampur dengan air gula, manisan pala kering dan ada juga manisan pala kering yang ditaburi gula pasir. 

Biasanya kalau saya ingin menikmati manisan pala maka saya akan membelinya di kota Bogor. Penjual manisan pala masih cukup banyak dijumpai di kota hujan ini. Malah di sebuah tempat yang berada di Gang Aut, Jalan Suryakencana, menjual es pala yang buah palanya disisir tipis tipis. Rasanya segar sekali. Es pala ini memang menjadi minuman khas kota Bogor yang banyak dicari orang saat berkunjung ke kota sejuta angkot itu. 

Selain itu, saat saya kecil dulu orang tua saya suka membelikan sirup rasa buah pala. Sirup itu namanya Sarang Sari. Kini sirup Sarang Sari sudah sulit ditemukan dan kalaupun ada yang jual untuk rasa pala tidak tersedia lagi. Terakhir beberapa tahun silam, saya masih bisa menikmati sirup Sarang Sari rasa pala dikasih oleh adik saya yang kebetulan melihat sirup rasa pala itu dijual di sebuah toko buah di Cibubur. 

Ide menulis tentang buah pala ini muncul karena saya baru mendapat oleh oleh dari istri yang bepergian ke kota Bandung. Oleh oleh itu berupa manisan pala kering bertabur gula. Sebelum makan manisan pala itu, taburan gulanya saya buang dulu sehingga tinggal rasa buah palanya saja. 

Seperti yang pernah saya baca di alodokter.com (21/12/2022) dan sebagian saya kutipkan di tulisan ini bahwa buah pala yang rendah akan kalori dan enak dimakan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena buah pala memiliki kandungan vitamin C, Kalsium, Fosfor dan nutrisi lainnya.

Pohon pala merupakan tanaman rempah yang memiliki beragam kegunaan pada setiap bagian tanamannya. 

Salah satunya adalah daging buah pala dapat diolah menjadi berbagai makanan, seperti manisan, asinan, dodol, selai, dan juga dapat dibuat sirup.

Buah pala mengandung myristicin yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti kanker yang bermanfaat bagi tubuh. 

Dalam 100 gram buah pala segar terkandung 42 kalori dan berbagai nutrisi berikut ini:

  • 11 gram karbohidrat
  • 0,5 gram serat
  • 0,3 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 32 miligram kalsium
  • 24 miligram fosfor
  • 1,5 miligram besi
  • 22 miligram vitamin C  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun