Mohon tunggu...
Nurwendo Haricahyadi
Nurwendo Haricahyadi Mohon Tunggu... Dosen - Anak Kolong Yang Gemar Menulis

1. Ketua DPP KNPI 1996-1999 2. Ketua PP Generasi Muda FKPPI 1998-2001 3. Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan Generasi Muda FKPPI 2008-2018 4. Anggota DPR/MPR RI 1997-2002 5. Dosen 1984-Sekarang 6. Penulis Buku 2020-Sekarang 7. Penulis Di UC We Media 2017-2020

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Sosok Mirip Mak Lampir Muncul di Batu Akik Asal Sukabumi

31 Agustus 2021   07:44 Diperbarui: 31 Agustus 2021   07:55 675
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : Dokumen pribadi 

Saya bersama istri dan anak saya berkunjung ke Pasar Batu Akik Rawa Bening di daerah
Jatinegara pada tanggal 20 September 2017. Tak seperti saat booming batu akik di tahun 2015/2016 dimana Pasar Batu Akik Rawa Bening selalu ramai dikunjungi dan nyaris kita sulit berjalan di lorong lorong di dalam Pasar Batu Akik tersebut.

Namun kali ini Pasar Batu Akik tersebut sangat lenggang, lebih banyak penjual batu akik
daripada orang orang yang berkunjung. Kita bisa berjalan bebas di lorong lorong di dalam
pasarnya.

Saat itu di lantai dua, saya membeli cangkang, cincin atau ring alpaka super untuk batu
akik sebanyak satu kodi (dua puluh buah) dan mendapat bonus dua buah. Kemudian di
lantai dasar, saya menemukan lapak yang menjual batu Green Sojol dan setelah terjadi
tawar menawar akhirnya deal dan saya mendapatkan batu Green Sojol sebagai tambahan
koleksi dari batu Sojol yang sudah saya miliki. 

Masih di lantai dasar, di sebuah lapak yang khusus menjual batu akik asal daerah
Sukabumi, saya membeli sebanyak 20 buah batu cincin (satu kodi) dan mendapat bonusbdua buah batu cincin.

Sebagian besar batu cincin yang saya beli tersebut merupakan batu cincin yang bermotif.

Dan konon batu akik Sukabumi cukup beragam warna dan mempunyai karakteristik yang
berbeda-beda, beberapa ada yang berwarna polos atau bening bahkan ada juga yang
bermotif, salah satunya adalah batu yang terkenal akan keindahan motifnya yaitu batu
akik Rane. 

Entah dari mana dan siapa yang pertama kali memberikan nama dari batu akik tersebut,
konon nama Rane diberikan oleh penemunya. Nama itu diterapkan karena motif dari batu akik tersebut menyerupai pohon Rane yang tumbuh di sekitar lokasi penemuannya.

Batu akik Rane sangat indah dan banyak disukai oleh para kolektor batu akik karena
setiap motif dan gambar yang muncul dalam batu yang ditemukan di daerah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi itu mempunyai motif yang unik dan indah.

Sesampai di rumah, saya sempatkan mengamati batu batu akik asal Sukabumi yang saya beli. Aneka motif terlihat di dalam batu batu akik tersebut. Namun ada satu batu akik yang begitu menarik perhatian saya. Batu akik tersebut berwarna bening kecoklatan dan tembus cahaya dan yang menarik ada motif yang merupakan sosok mirip Mak Lampir, tokoh utama di sinetron Misteri Gunung Merapi yang begitu melegenda di tahun 80bdan 90-an.

Dan yang terasa bernuansa mistis adalah ketika saya sorot dengan cahaya lampu senter
maka motif sosok mirip Mak Lampir selalu berubah ubah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun