Teori Belajar Sosial menurut Albert Bandura adalah salah satu teori penting dalam psikologi pendidikan yang menjelaskan bagaimana individu belajar melalui pengamatan dan interaksi sosial dengan orang lain. Teori ini juga dikenal dengan nama teori pembelajaran observasional, dan memiliki implikasi yang luas dalam dunia pendidikan, khususnya untuk anak-anak sekolah dasar (SD).
1) Pengertian Teori Belajar Sosial (Menurut Albert Bandura)
Teori Belajar Sosial menurut Albert Bandura menekankan bahwa individu dapat belajar bukan hanya melalui pengalaman langsung, tetapi juga dengan mengamati tindakan orang lain dan konsekuensinya.Â
Bandura mengemukakan bahwa pembelajaran dapat terjadi melalui empat proses utama, yaitu:
1. Perhatian (Attention): Individu harus memperhatikan model yang mereka amati untuk dapat belajar dari perilakunya.
2. Retensi (Retention): Informasi yang diperoleh harus dapat diingat atau disimpan dalam memori untuk bisa digunakan di masa depan.
3. Reproduksi (Reproduction): Individu perlu memiliki kemampuan fisik dan kognitif untuk meniru atau mengulang perilaku yang diamati.
4. Motivasi (Motivation): Individu harus merasa terdorong untuk meniru perilaku tersebut, yang sering kali dipengaruhi oleh imbalan atau hukuman yang mungkin terjadi.
Â
2) Karakteristik Teori Belajar Sosial
Beberapa karakteristik utama dari teori belajar sosial Bandura adalah: