Pendidikan Profesi Guru ( PPG)  Universitas  Negeri Semarang  yang sekaligus guru mata pelajaran Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel SMK Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi Jawa Timur di ruang laboratorium komputer  jaringan SMK Nurut Taqwa. Rabo, 30/10/2024.
BANYUWANGI: Melaksanakan Uji Kinerja Agus Rohman Yusuf, S.Kom. MahasiswaFase/Kelas  : F / XI TKJ, Alokasi Waktu  : 2 Jam Pelajaran ( 2 x 45 Menit ), Elemen : Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel, Model  pembelajaran  PBL (Problem Based Learning), metode pembelajaran Saintifik Learning.
Profil pelajar pancasila adalah 1). Beriman bertakwa kepada tuhan yang maha Esa. 2). Bergotong Royong. Bekerjasama  dalam  kelompok  melalui  pemberian  gagasan,  pandangan,  atau  pemikiran dan  menerima  serta melaksanakan  atas  kesepakatan  kelompok  dalam  mencapai penyelesaian tugas yang diberikan. 3).  Bernalar Kritis. Mengidentifikasikan,  mengklarifikasi,  dan  menganalisis  informasi  yang  relevan  serta  memprioritaskan beberapa gagasan tertentu. 4). Kreatif. Menuliskan hasil diskusi berdasarkan gagasan,  pandangan, atau pemikiran serta gagasan  secara logis dan kritis mengenai teknologi jaringan kabel dan nirkabel. 5). Mandiri. Mengelola pikiran, perasaan, dan tindakannya agar tetap optimal untuk mencapai tujuan  pengembangan diri dan prestasinya.
Capaian Pembelajaran adalah  Pada akhir Fase F, peserta didik mampu menginstalasi jaringan kabel dan nirkabel,  melakukan perawatan dan perbaikan jaringan kabel dan nirkabel, memahami standar  jaringan  nirkabel,  memilih  tekologi  jaringan  nirkabel  indoor  dan  outdoor  sesuai  kebutuhan,  melakukan  instalasi  perangkat  jaringan  nirkabel,  menjelaskan  konsep  layanan  Voice  over  IP  (VoIP),  mengkonfigurasi  layanan  Voice  over  IP  (VoIP),  memahami  jaringan  fiber  optic,  memahami  jenis-jenis  kabel  fiber  optic,  memilih  kabel fiber optic, menerapkan fungsi alat kerja fiber optic, melakukan sambungan  fiber optic, melakukan perbaikan jaringan fiber optic.
Adapun Tujuan Pembelajaran adalah 1.  Peserta didik mampu melakukan perawatan dan perbaikan jaringan kabel dengan  tepat dan benar.  2.  Peserta  didik  mampu  melakukan  perawatan  dan  perbaikan  jaringan  nirkabel  dengan tepat dan benar.
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran adalah  Peserta didik melakukan perawatan dan perbaikan jaringan kabel dan Peserta didik melakukan perawatan dan perbaikan jaringan nirkabel.
Dalam pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan tertib dan lancar tampak keseluruhan siswa mengikuti pembelajaran dengan kesungguhan dan antusias.
Jurnalis, WHD