Mohon tunggu...
Nur Wachid
Nur Wachid Mohon Tunggu... Jurnalis - JURNALIS

Tinggal di Wilayah Kabupaten Banyuwangi - Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Naimatul Ainiyah, S.Pd. Mahasiswa PPG Universitas Negeri Yogyakarta sekaligus Guru Mapel Sejarah SMK Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi Uji Kinerja

31 Oktober 2024   18:36 Diperbarui: 31 Oktober 2024   18:41 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok.Naimatul Ainiyah, S.Pd. melaksanakan Uji Kinerja. Kamis, 31/10/2024.

BANYUWANGI: Naimatul Ainiyah, S.Pd Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru ( PPG)  Universitas  Negeri Yogyakarta yang sekaligus guru mata pelajaran  sejarah SMK Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi Jawa Timur melaksanakan Uji Kinerja di ruang laboratorium komputer akuntansi SMK Nurut Taqwa. Kamis, 31/10/2024.

Mata Pelajaran: Sejarah, Fase: E, Kelas: X : Topik/Bab: Teori Masuk & Berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia, Materi Pokok: Teori Masuknya Agama & Kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia, Alokasi Waktu:   2 JP = 2 x 45 menit, model pembelajaran: Problem Base Learning, Pendekatan: Understanding by Design (UbD).

Dok. Naimatul Ainiyah, S.Pd. guru Mata pelajaran sejarah saat Uji Kinerja. Kamis, 31/10/2024
Dok. Naimatul Ainiyah, S.Pd. guru Mata pelajaran sejarah saat Uji Kinerja. Kamis, 31/10/2024
Profil pelajar pancasila adalah Peserta didik mengikuti pembelajaran, dimensi Profil     Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul adalah:

1.Gotong royong dikembangkan dengan berkolaborasi bersama kelompok dalam menyelesaikan LKPD saat proses pembelajaran.
2.Bernalar kritis dalam menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
3.Kreatif dalam mencari alternatif solusi permasalahan proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Capaian Pembelajaran adalah Pada akhir Fase E peserta didik mampu memahami, mengkritisi dan menafsirkan peristiwa sejarah terkait kehidupan masyarakat Indonesia masa kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Adapun Tujuan Pembelajaran adalah Setelah mempelajari materi ini, diharapkan peserta didik mampu:  1. Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia. 2. Menyajikan hasil analisis teori proses masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia. 3. Mengidentifikasi bukti-bukti masuknya agama & kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Kegiatan pembelajaran terdiri dari Kegiatan Awal Pendahuluan ( 15 Menit), Kegiatan Inti (65 Menit), Kegiatan Penutup (10 Menit). Dalam pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan tertib dan lancar tampak keseluruhan  siswa mengikuti pembelajaran penuh  antusias.

Jurnalis, WHD.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun