Mohon tunggu...
Nur Wachid
Nur Wachid Mohon Tunggu... Jurnalis - JURNALIS

Tinggal di Wilayah Kabupaten Banyuwangi - Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Reni Wulan Ndari, S.Pd Guru Mapel Bahasa Inggris SMK Nurut Taqwa sekaligus Mahasiswa PPG Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Laksanakan Uji Kinerja

15 Oktober 2024   19:13 Diperbarui: 15 Oktober 2024   19:38 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Reni Wulan Ndari, S.Pd Mahasiswa PPG Univesitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Senin, 7/10/2024.

BANYUWANGI: - Reni Wulan Ndari, S.Pd guru Mata pelajaran  Bahasa Ingris SMK Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi sekaligus Mahasiswa PPG Univesitas Nahdlatul Ulama Surabaya melaksanakan pembuatan vidio pembelajaran Uji Kinerja di Laboratorium Komputer akuntansi SMK Nurut Taqwa. Senin,7/10/2024.


Fase / Kelas / Semester :  F / XI / Ganjil. Kompetensi Keahlian : XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Materi Pokok: Procedure Texts. Alokasi Waktu: 2 JP (2 x 45 Menit) 90 menit.

Pada akhir Fase F, Peserta Didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan dan pemirsa/pembacanya. Berbagai macam teks seperti Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Prosedur, Argumentasi dan Diskusi asli sebagai rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. Peserta Didik menggunakan Bahasa Inggris untuk menyampaikan keinginan/perasaan dan berdiskusi mengenai topik yang dekat dengan keseharian mereka atau isu yang hangat sesuai usia Peserta Didik di fase ini. Mereka membaca teks tulisan untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi. Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami informasi, dalam Bahasa Inggris mulai berkembang. Peserta Didik memproduksi teks tulisan dan visual yang lebih beragam, dengan kesadaran terhadap Tujuan dan Target pembaca.

Tujuan Pembelajaran: Menulis, Peserta Didik mampu menyusun framework/kerangka Procedure Text melalui Video Pembelajaran dan Hand Out dengan baik dan benar, Peserta Didik mampu membuat framework/kerangka Procedure menjadi Teks Tulis berbentuk Prosedur Text melalui E-Book tentang Procedure Text dengan tepat. Mempresentasikan,  Peserta Didik dapat mempresentasikan Teks Tulis berbentuk Procedure Text melalui Diskusi Kelompok dengan tepat.

Profil Pelajar Pancasila: Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME (Peserta Didik mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan berdoa),  Mandiri (Peserta Didik mampu menemukan informasi pada video Procedure Text secara Mandiri),  Kolaborasi (Peserta Didik mampu berkolaborasi atau bekerja sama dengan temannya dalam membuat Project atau tugas Procedure Text),  Kreatif (Peserta Didik mampu menghasilkan karya dan keluwesan berfikir dalam membuat Project atau tugas Procedure Text dengan media karton dan kardus, aplikasi Capcut, Power Point dan Canva),  Santun (Peserta Didik mampu menunjukkan sikap santun dalam berbicara dan bersikap terhadap Guru dan teman-temannya ketika dalam mempelajari Procdure Text),  Percaya Diri (Peserta Didik mampu menunjukkan sikap Percaya Diri dalam menyampaikan pendapat, mengkritik membangun kepada temannya, bertanya, presentasi saat mempelajari Procedure Text).

Dalam pelaksanaaan pembelajaran berjalan denga tertib dan lancar tampak siswa mengikuti pembelajaran dengan penuh antusias. Dalam pembelajaran guru mengawali dengan pendahuluan , inti pembelajaran dan penutup.

Jurnalis, WAHID.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun