Mohon tunggu...
Nurusyifah fauziyah
Nurusyifah fauziyah Mohon Tunggu... Guru - Orang Biasa

Sedang berlatih

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lancar Membaca Aksara Jawa melalui Permainan Monopoli Beraksara Jawa

11 Desember 2022   22:33 Diperbarui: 11 Desember 2022   22:40 420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Aksara Jawa merupakan aksara khusus yang dimiliki oleh suku Jawa. Aksara ini berbentuk khusus dan berbeda sekali dengan huruf latin. Sehingga diperlukan pemahaman ekstra untuk bisa membaca aksara Jawa tersebut. Dikalangan anak-anak khususnya siswa kelas XI aksara ini diajarkan pada mata pelajaran Bahasa daerah. Siswa ditutut untuk bisa membaca tulisan-tulisan yang beraksara Jawa dalam rangka pelestarian budaya. Akan tetapi tidaklah mudah untuk mempelajari aksara Jawa. Inilah yang menjadi tantangan guru untuk menciptakan sebuah media pembelajaran yang bisa memudahkan siswa untuk mempelajari huruf Jawa tersebut.

Terinspirasi dari Permainan monopoli beraksara Jawa yang popular dikalangan anak-anak. Penulis mencoba memodifikasi permainan tersebut kedalam aksara Jawa dengan tujuan untuk  membantu pemahaman siswa terhadap huruf Jawa.  Permainan ini merupakan jenis permainan yang memerlukan ketangkasan dan kecerdasan para pemain dengan mengadakan transaksi kombinasi antara bertanya dan menjawab hingga akhirnya salah seorang akan menjadi pemenang dengan memiliki skor tertinggi.

Pembuatan monopoli beraksara Jawa ini memang terinspirasi dari permainan monopoli yang telah dikenal oleh masyarakat baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa yang disesuaikan dengan kondisi serta materi tentang membaca aksara Jawa. Prinsip dari media pembelajaran ini adalah belajar menyenangkan. Seperti diketahui bahwa, cara guru memotivasi yang termasuk kedalam kriteria baik adalah dalam mengajar guru harus harus menggunakan metode yang bervariasi serta menyenangkan.Jika siswa merasa senang dalam pembelajaran, maka minat siswa untuk belajar menjadi tinggi dan materi akan mudah dipahami.

Hasil dari penerapan media monopoli beraksara Jawa tersebut membuahkan hasil yang positif terhadap kemampuan membaca aksara Jawa siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat 91 % dari yang sebelumnya hanya 32, 29%. Hal ini membuktikan keefektifan media monopoli beraksara Jawa terhadap kemampuan membaca aksara Jawa sangat baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun