Pada bulan Juni 2024, Â Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ( PKM ) Â dengan tema "Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten." Minggu ( 30/06/2024).
"Kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) di UMKM Lebak  Banten ini dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen Magister Manajemen (MM) Universitas Pamulang (Unpam). Kegiatan ini melibatkan beberapa kelompok, salah satunya adalah kelompok pemasaran, yang terdiri atas Maidina Amelia, Rizki Romantika, Fauzan Az-zirnikh Ibnu Hasrul, Siti Lili Mariyanti Pasaribu, dan Arum Puspita Sari. Kelompok ini didampingi oleh dosen pembimbing, yaitu Dr. H. Sarwani, MT., M.M., dan Dr. Yayan Sudaryana, M.M., serta dosen-dosen lainnya dari Magister Manajemen Unpam."
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan praktis bagi pelaku UMKM dalam memanfaatkan platform digital seperti media sosial dan e-commerce. Dengan pendekatan komprehensif berupa penyampaian materi, simulasi, dan diskusi, pelaku UMKM diharapkan mampu meningkatkan penjualan mereka, memperluas jangkauan pasar, dan menghadapi tantangan era digital.
Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pemasaran digital mampu meningkatkan efisiensi dan daya saing UMKM. Untuk mendukung keberlanjutan program, kami juga merekomendasikan pendampingan dan pelatihan lanjutan guna membekali pelaku UMKM dengan kemampuan manajerial dan penguasaan teknologi yang lebih mendalam.
Program ini adalah salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terus mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H