Mohon tunggu...
Nurul Windi Winayanti
Nurul Windi Winayanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Bila kau merasa dunia terlalu gelap, semoga kau bisa menjadi nyala yang tidak hanya memberi terang, namun juga kehangatan. Sebab dunia tak selalu memberikan yang kita inginkan, namun selalu menginspirasi kita untuk mengisi kekosongan tersebut.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Baik (Best Practice)

12 Desember 2022   19:30 Diperbarui: 12 Desember 2022   20:06 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

pembelajaran, tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

b. Proses pengembangan RPP yang berpusat pada peserta didik dengan menentukan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik agar dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

c. Sumber daya yang diperlukan adalah kompetensi dan kreatifitas seorang pendidik/guru dalam mengembangkan RPP dan LKPD yang berpusat pada aktifitas peserta didik.

d.  Memilih media pembelajaran berbasis TPACK yang dirasa sesuai dengan materi pembelajaran, seperti audio-visual, berbentuk video, salindia canva, atau gambar.

 

Prosesnya

Pada proses PPL saya melaksanakan pembelajaran secara luring. Saya memulai pembelajaran dengan menyiapkan alat dan media pembelajaran yang mendukung seperti laptop, infokus, kamera,  serta perangkat RPP.

Setelah persiapan cukup, saya melakukan kegiatan pendahuluan yaitu dengan mengucapkan salam, bertanya kabar, mengecek kehadiran peserta didik mengucapkan salam, dan mengajak peserta didik berdo'a untuk memulai pembelajaran, memberikan motivasi kepada peserta didik, melakukan apersepsi, dan menginformasikan tujuan serta manfaat pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kegiatan inti, saya menggunakan model Project Based Learning (PjBL), saya mengajak siswa untuk berpikir kritis membuat cerita dari gambar media berseri yang ditampilkan pada salindia canva. Dan peserta didik juga sudah membawa contoh teks cerpen yang mereka cari di internet, setelah itu peserta didik mengerjakan LKPD yaitu menulis teks cerita pendek dengan metode copy the master (menggantikan nama tokoh, latar, watak, dan konflik dari cerpen yang sudah mereka bawa).

Pada prosesnya, siswa terlibat dalam diskusi menulis teks cerpen berdasarkan cerpen yang mereka bawa tidak jauh dari pengalaman peserta didik pada kehidupan sehari-hari.

Saat peserta didik selesai menulis teks cerpen, saya melakukan penilaian, saya menilai siswa yang menyajikan teks cerpen secara tertulis dan lisan pada saat menyajikan hasil atau presentasi di depan kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun