Mohon tunggu...
NURUL TOSOFU
NURUL TOSOFU Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

KKN UAD unit XIX.B.3 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Inovasi Packaging Produk dan Pemanfaatan Marketplace untuk Kebangkitan Rumah Jamu Menoreh oleh Mahasiswa KKN UAD

23 Februari 2022   18:03 Diperbarui: 23 Februari 2022   18:42 818
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kemiriombo (20/02/2022) -- Mahasiswa KKN Reguler unit XIX.B.3 Universitas Ahmad Dahlan memberikan inovasi packaging produk dan edukasi pemanfataan marketplace Shopee untuk kebangkitan Rumah Jamu Menoreh. Rumah Jamu Menoreh merupakan salah satu objek wisata dan tempat produksi jamu yang berdiri sejak tahun 2015 di Kemiriombo, Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo. Kurang lebih selama 7 tahun berjalan Rumah Jamu sudah menghasilkan berbagai macam produk diantaranya produk wedang uwuh, Kunyit Asam Instan, Syrup Jahe, Minyak Kelapa, Cuka Kelapa, Sirup Secang, Tepung Ganyong dan Jahe Merah Instan.

Sejak tahun 2015 packaging produk terus berkembang. Saat ini packaging produk sudah menggunakan botol dan standing pouch yang ditempel stiker nama produk. Dari sini mahasiswa KKN UAD mengadakan program kerja untuk memberikan inovasi packaging agar lebih menarik dan berkualitas mengingat pentingnya sebuah kemasan produk yang dapat berdampak kepada harga dan sentiment pasar. Inovasi packaging  dikembangkan dari kemasan sebelumnya yang masi terlihat transparan diganti ke dalam kemasan kotak dan standing pouch dengan design yang terlihat menarik. Design tersebut dirancang menggunakan aplikasi photoshop dengan nuansa hijau yang berisi informasi produk mulai dari nama produk, komposisi, khasiat dan alamat.

Selain itu pemasaran produk rumah jamu menoreh masih menggunakan cara tradisional, yaitu melalui komunikasi atau interaksi langsung dengan konsumen. Sebagai bentuk upaya meningkatkan pemasaran produk Rumah Jamu Menoreh, mempermudah penyebaran informasi produk dan meminimalisir tenaga dan biaya mahasiswa KKN UAD juga memberikan edukasi terkait pembuatan konten untuk promosi produk dan pemanfaatan marketplace Shopee. Setiap konten penjualan produk dapat dibuat dengan memilih aspek rasio yang tepat, pemilihan warna dan jenis postingan pada media sosial yang dimiliki. Saat ini pembelian produk jamu dari Rumah Jamu Menoreh sudah tersedia di Shopee sehingga konsumen akan lebih mudah menjelajahi setiap produk tanpa harus mengunjungi langsung lokasi Rumah Jamu Menoreh.

Program kerja ini mendapatkan sambutan hangat dari Bapakk Mulyono selaku pemilik usaha Rumah Jamu Menoreh. Beliau merasa senang dan terbantu dari hasil inovasi packaging dan teknologi pemasaran yang ditawarkan oleh Mahasiswa KKN UAD. Program ini diharapkan menjadi ini positif kedepannya untuk perkembangan Rumah Jamu Menoreh.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun