Cangkrukan Sambil Belajar SEO
Yang Namanya cangkrukan blogger alias gathering/ meet up/ kumpul-kumpul tuh momen yang paling dinanti-nantikan nggak sehhh? Apalagi, kalau kumpul plus bonus belajar SEO alias Search Engine Optimization! Whoaaa, makin semangat! Begitu pula yang kami rasakan saat gathering belajar SEO 28 Oktober lalu. Nggak sabar buat seru-seruan, sekaligus menggali ilmu bareng manteman blogger member Cak Kaji (Cangkrukan Kompasianer Jatim)
Yang datang dari berbagai daerah, nih. Ada yang dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Malang. Rameee dan meriah banget! Walaupun menempuh perjalanan yang lumayan jauh (dan Surabaya panasss beuds!), kami tetap bersemangat. Apalagi, kami bakal menempuh ilmu seputar SEO, yang penting tapi rentan bikin pening haghaghaaagg.
Di sore yang begitu syahdu, kami pun menyimak pemaparan mas Tommy, SEO Specialist sekaligus Web Channel Coordinator di sebuah korporasi developer. Pengalaman karirnya luar biasa, gaes. Pernah malang melintang di berbagai Perusahaan media terkemuka,  tugasnya tentu saja untuk meningkatkan performa sekaligus menangangi kancah digital.Â
SEO merupakan teknik mengoptimasi website agar membuat ranking teratas di hasil pencarian Google. Dengan SEO, situs akan mudah ditemukan oleh user, sehingga menyedot lebih banyak traffic.
Data performa dari Google search, adalah data yang paling banyak digunakan di Search Console, baik melalui laporan performa, maupun Search Analytics API.
Laporan performa berisi 4 metrik yang menunjukkan perubahan trafik penelusuran dari waktu ke waktu.
Apa saja?
(1). Clicks: Jumlah klik pengguna dari hasil Google penelusuran
(2). Impressions: Frekuensi pengguna melihat property kita di hasil penelusuran Google.
(3). CTR (Rasio klik-tayang): CTR untuk mengukur iklan, listingan dan  kata kunci yang berhasil, dan mana yang perlu ditingkatkan.
Jumlah klik dibagi jumlah tayangan. Misalnya, jika kita punya 5 klik dan 100 tayangan, maka CTR adalah 5%
(4). Position: Posisi rata-rata di hasil penelusuran untuk URL_kueri, atau situs secara umum.
Dalam kesempatan ini, para peserta member Cak Kaji juga diajari untuk meng-create Google Search Console:
(1). Logik akun gmail.
(2). Akses URL https://search.google.com/search-console/about
(3). Klik start
(4). Add Property pada dashboard GSC
(5). Pilih kategori tipe Property
(6). Klik continue
Kami juga mendapatkan materi on page dan off page SEO
Di antaranya quality content. Mas Tommy menggarisbawahi konten berkualitas adalah cara kita melibatkan, memberi informasi, mendukung dan menyenangkan audiens.
Membuat konten yang autentik dan berharga juga penting banget untuk visibilitas mesin pencari.
Sementara untuk Off Page SEO, dibahas seputar Domain Authority (DA), ini adalah metrik buatan MOZ untuk mempredikasi seberapa besar kemungkinan website muncul di hasil pencarian Google. Semakin tinggi skor DA, semakin tinggi juga potensi website untuk mendapatkan ranking tinggi di Search Engine Result Pages (SERP)
Terima kasih Mas Tommy, ilmu yang berharga banget! InsyaAllah siap praktikkan ketika ngeblog!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H