Hingar bingar konser artis dengan ribuan penonton mungkin terlihat sukses di satu sisi, yakni mampu mendatangkan banyak penonton. Namun dari sisi kedekatan antara artis dengan penonton, konser yang besar akan sering kali terasa hambar, dan artis seperti tak tersentuh oleh penonton.
Berbeda dengan Private Concert, dengan penonton terbatas, seorang artis akan mengenal lebih dekat dengan penontonnya, begitu pula sebaliknya. Sehingga artis akan lebih dapat menyampaikan pesan-pesannya secara lebih dekat. Ini yang dilakukan oleh Charly Van Houten pada Hari Jum'at 27 April 2018 kemarin malam di Hotel Neo Malioboro Yogyakarta.
Performance Charly Van Houtten dalam Private Concert kemarin memang berbeda dengan konser-konser yang biasa dilakukannya. Kali ini penonton dibatasi hanya 100 orang, dengan suasana santai, sambil makan malam, dan pertunjukan pun diselingi ngobrol akrab dengan Charly. Â
Dalam private concert ini satu pesan yang disampaikan untuk penggemarnya yaitu; Charly ingin para penggemarnya bisa bahagia dengan meraih sukses bersama Ji-Mart, sebuah bisnis aplikasi yang sedang berkembang di Indonesia.
"Saya ingin teman-teman Setiaku (sebutan untuk para penggemar Charly)Â tidak hanya senang dengan lagu-lagu atau foto-foto bersama saya saja, tapi sekarang saya lebih mengharapkan kalian bisa meraih sukses bersama-sama. Nah, Ji-Mart, sebuah sistem bisnis online jaman sekarang bisa menjadi media untuk meraih itu semua," kata Charly mengawali pertunjukannya.
Inilah keuntungan private concert, artis bisa menyampaikan pesan secara lebih dekat dengan penonton. Dan penonton pun tampak antusias mendengarkannya. Sky Lounge Hotel Neo Malioboro kemarin pun tampak dipenuhi penonton dengan kapasitas 100 orang.
Lagu pertama yang ia lantunkan adalah "Saat Terakhir", sebuah lagu bernuansa haru di antara sepasang kekasih. Kemudian dilanjutkan beberapa lagu yang cukup enerjik, seperti "Puspa", "Kehilangan", "Aku terjatuh", "Istana Bintang", dan beberapa lagu lain yang membuat penonton jingkrak-jingkrak. Pada penghujung acara private concert ini diakhiri dengan kolaborasi Charly dengan anak-anak Jogja Acting Studio menyanyikan sebua lagu ciptaan Ahmed Sinar "Sang Juara".
Event yang dihelat oleh Istimewa Creative Indonesia bekerjasama dengan Ji-Mart, dan Jogja Acting Studio ini bisa menjadi trend pola promosi produk yang sangat menarik. Karena mempunyai daya magnet yang lebih dari sekedar promosi biasa. ***
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H