Perusahaan penerbitan buku dan komik manga serta produsen film ternama di Jepang Kadokawa Ltd. berkunjung ke kantor Kompas.com pada Jum'at (21/3/2014) siang. Perusahaan ini tertarik untuk bekerjasama dengan Kompasiana.
Kedatangan mereka diterima oleh Pepih Nugraha selaku Community Manager Kompas.com bersama dua pengelola Kompasiana lainnya. Melalui kunjungannya, Kadokawa Ltd. berniat untuk memperluas bisnis mereka di kawasan Asia Tenggara dengan memproduksi buku, komik, film dan games yang berasal dari konten media lokal termasuk konten tulisan yang ada di Kompasiana, khususnya karya-karya fiksi  blogger Kompasiana pada rubrik Fiksiana.
"Kami ingin memperluas kerjasama dengan media user generated content di kawasan Asia Tenggara seperti di Singapura, Malaysia, Thailand dan Indonesia," kata Toshiyuki Yoshihara, Director - Executive Deputy General Manager Kadokawa Ltd.
User generated content (UGC) adalah istilah yang merujuk pada konten media yang tidak lagi dimonopoli oleh pemilik atau pembuat media tersebut. Warga atau pengguna media itu sudah mulai dilibatkan dalam proses produksi konten dan bersifat terbuka untuk publik. Hal inilah yang menjadi karakter Kompasiana.
Menanggapi ajakan kerjasama Kadokawa Ltd., Pepih Nugraha menyambut baik dan dia sempat memperlihatkan karya-karya fiksi blogger yang populer dan beberapa diantaranya sudah dijadikan sebuah buku. Fiksiana merupakan rubrik khusus di Kompasiana yang berisi karya-karya fiksi seperti cerita pendek, puisi, dongeng, novel dan cerita mini yang dibuat oleh blogger Kompasiana.
Sebagai media UGC, Kompasiana menampung segala jenis tulisan dalam bentuk reportase, opini dan fiksi yang dibuat langsung oleh penggunanya atau blogger Kompasiana.
Sebelumnya, Kompasiana telah menjalin kerjasama dengan beberapa penerbit di Indonesia, salah satunya dengan kelompok penerbit Kompas Gramedia dalam menerbitkan buku-buku karya blogger Kompasiana. Buku "Jokowi (Bukan) untuk Presiden" merupakan salah satu buku terbaru Kompasiana yang bekerjasama dengan penebit Elex Media Komputindo dan buku "Kami (Tidak) Lupa Indonesia" hasil dari kerjasama dengan penerbit Bentang Pustaka.
Jika kerjasama dengan Kadokawa Ltd. ini terealisasi, karya- karya fiksi di rubrik Fiksiana akan ditransformasikan ke dalam buku, film, komik dan atau pun dijadikan sebuah games untuk kemudian dipasarkan di kawasan Asia Tenggara.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H