Pekalongan (08/01/2025) Mahasiswa Manajemen Universitas Pekalongan telah selesai melakukan observasi dan juga pendampingan maupun pelatihan kepada salah satu pemilik ukm batik yang berada dipekalongan. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan tugas proyek yang di berikan oleh dosen mata kuliah Bisnis Digital yang bertujuan untuk membantu ukm go digital. Perkembangan teknologi digital telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia, termasuk cara berbisnis. Dalam beberapa tahun terakhir, platform e-commerce telah menjadi solusi utama untuk memasarkan produk ke pasar yang lebih luas, bahkan hingga lintas negara. Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara, menawarkan peluang besar bagi para pengusaha untuk belajar, mempraktikkan keterampilan bisnis, dan membangun pasar global.Â
Era digital telah membuka peluang besar bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mengembangkan bisnisnya, termasuk Iyan Batik Collection, sebuah UKM yang memproduksi batik khas daerah dengan nilai budaya yang tinggi. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah memanfaatkan platform e-commerce, seperti Shopee, untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.
Shopee menawarkan berbagai fitur yang sangat mendukung perkembangan UKM, mulai dari kemudahan membuka toko online hingga fitur promosi seperti Shopee Ads, Flash Sale, dan program gratis ongkir. Dengan bantuan pelatihan dan pendampingan, Iyan Batik Collection kini mampu mengoptimalkan deskripsi produk, foto berkualitas tinggi, dan harga kompetitif untuk menarik perhatian pembeli. Selain itu, fitur ulasan pelanggan di Shopee membantu meningkatkan kredibilitas toko mereka di mata konsumen.
Sejak bergabung di Shopee, Iyan Batik Collection mengalami peningkatan volume transaksi yang signifikan. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh jangkauan pasar yang lebih luas, tetapi juga kemampuan mereka untuk mengikuti tren pemasaran digital. Dengan promosi yang konsisten dan penggunaan fitur-fitur Shopee yang maksimal, UKM ini berhasil menarik pelanggan baru, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
Pengalaman ini menjadi bukti bahwa digitalisasi, khususnya melalui e-commerce, adalah kunci keberhasilan bagi UKM di era modern. Iyan Batik Collection tidak hanya mampu bertahan, tetapi juga berkembang dengan memanfaatkan teknologi sebagai solusi untuk mengatasi tantangan bisnis. Langkah ini menginspirasi UKM lain untuk terus berinovasi dan memanfaatkan platform digital guna mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.
Digitalisasi bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan bagi UKM untuk tetap relevan dan kompetitif di pasar global.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H