Mohon tunggu...
Nurul Khoirunnisa
Nurul Khoirunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

From "nothing" to "everything" Because all good things take time to achieve 🌸

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strategi Kepala Madrasah dalam Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bandung

25 Desember 2024   10:40 Diperbarui: 25 Desember 2024   10:27 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Wawancara Kepala Madrasah (Dokumentasi pribadi, 2024) 

Pengantar : Tulisan ini disusun oleh Nurul Khoirunnisa, seorang mahasiswi Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Semester 1 Kelas E di Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tulisan ini disarikan dari Laporan Mini Riset Individu serta Modul Ajar Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Part 7 yang diberikan oleh Prof. Dr. H. A. Rusdiana, Drs, M.M., sebagai dosen pengampu.

Sebagai lembaga pendidikan yang terus berupaya meningkatkan mutu, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Bandung telah menerapkan berbagai langkah strategis dalam pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan. Langkah-langkah ini dirancang oleh kepala madrasah dengan tujuan utama mendukung perkembangan kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusia, sehingga dapat memenuhi tuntutan pendidikan modern.

Pertama: Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan identifikasi kebutuhan dan kompetensi pendidik serta tenaga kependidikan. Proses ini melibatkan analisis terhadap kemampuan yang telah dimiliki, kekurangan yang perlu diperbaiki, serta kebutuhan pengembangan untuk menghadapi tantangan pendidikan. Dengan memahami kondisi awal ini, program pemberdayaan dapat dirancang secara spesifik dan tepat sasaran.

Kedua: Program pelatihan dan pengembangan kompetensi menjadi langkah strategis berikutnya. Pelatihan rutin yang diselenggarakan mencakup berbagai tema penting, seperti kurikulum terbaru, literasi digital, dan metode pembelajaran inovatif. Selain itu, pendidik diberi kesempatan untuk menghadiri seminar, workshop, dan melanjutkan studi. Langkah ini bertujuan agar mereka selalu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkini dalam mendukung proses pembelajaran. Menghadapi era digital, madrasah memberikan perhatian khusus pada peningkatan literasi digital para pendidik. Pelatihan literasi digital juga rutin dilakukan, sehingga para guru mampu mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam proses belajar-mengajar.

Ketiga: Supervisi dan monitoring berkala merupakan bagian tak terpisahkan dari strategi ini. Program ini dirancang untuk memastikan implementasi pelatihan dan kebijakan berjalan sesuai rencana. MTsN 3 Bandung juga memiliki program briefing pagi yang rutin dilaksanakan sebelum proses pembelajaran dimulai. Seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan kepala madrasah hadir dalam kegiatan ini. Briefing pagi sebagai forum untuk mengevaluasi kegiatan sebelumnya, menyampaikan informasi terkini, dan berbagi hasil pelatihan.

Dengan menerapkan langkah-langkah strategis ini, pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN 3 Bandung mampu memenuhi tuntutan kurikulum dan perkembangan teknologi. Strategi pemberdayaan yang dilakukan tidak hanya berdampak pada peningkatan kompetensi individu, tetapi juga memperkuat kolaborasi tim dalam mendukung visi dan misi madrasah. Dengan komitmen yang tinggi dari semua pihak, MTsN 3 Bandung menjadi contoh nyata bagaimana manajemen pendidikan yang baik dapat menghasilkan mutu pendidikan yang lebih baik.

Natizah: Langkah-langkah strategis yang diambil oleh kepala madrasah dalam pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN 3 Bandung menunjukkan efektivitas manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Identifikasi kebutuhan, pelatihan berkelanjutan, pemanfaatan teknologi, supervisi berkala, dan briefing pagi terbukti mampu menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan madrasah. Dengan pendekatan ini, MTsN 3 Bandung tidak hanya mampu memenuhi tuntutan zaman, tetapi juga menjadi institusi yang berdaya saing tinggi dan berkontribusi signifikan dalam mencetak generasi unggul.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun