Mohon tunggu...
Nurul Khikmah
Nurul Khikmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswa dengan jurusan Pendidikan Akuntansi yang suka membaca sejarah

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Rhode: Membangun Hubungan yang Erat dengan Konsumen Lewat Gaya Hidup

17 Desember 2024   20:54 Diperbarui: 17 Desember 2024   20:52 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Belakangan ini, tren penggunaan makeup menjadi populer di sosial media menarik banyak perhatian. Banyak orang muncul dalam pusaran tren ini, mulai dari dokter, artis atau selebritas, influencer sosial media, sampai dengan warganet atau netizen. Ramainya tren tersebut mendatangkan sebuah ide bisnis yang cukup menarik, mengingat target pasar sudah terpampang jelas. Banyak dokter, selebritas, maupun influencer tersebut berlomba-lomba meluncurkan produk skincare dan makeup mereka sendiri. Pada kancah industri Hollywood, banyak selebritas yang sudah meluncurkan produk skincare dan makeup, sebut saja seperti Rihanna, Kylie Jenner, Ariana Grande dan masih banyak lainnya. Di tengah hiruk pikuk tersebut, Rhode muncul meramaikan tren yang ada.

Sejarah Berdirinya Rhode 

Rhode merupakan brand yang didirikan oleh Hailey Rhode Baldwin atau lebih dikenal dengan Hailey Beiber atas ketertarikannya pada brand kecantikan. Resmi diluncurkan pada tanggal 15 Juni 2022, setelah sebelumnya melakukan pengajuan merek dagang pada tahun 2019. Rhode menawarkan berbagai lini produk antara lain skin care, makeup, produk untuk perawatan rambut, wewangian, dan lain sebagainya. Rhode terinspirasi dari pendekatan minimalis yang digunakan Hailey terhadap kecantikan, ia berkeinginan untuk membuat produk perawatan kulitnya dapat diakses semua orang, namun dengan kualitas yang tinggi. Nilai-nilai perusahaan dan visi yang dimiliki cukup jelas dengan menonjolkan kesederhanaan dan “minimalis” yang menjadi nilai jual unik Rhode dalam industri kecantikan, dimana seperti yang kita tahu digambarkan dengan rutinitas yang rumit dan pilihan produk yang tidak ada habisnya. Rhode memiliki berbagai jenis produk, akan tetapi yang paling ikonik adalah Peptide Lip Tint yang kemudian meramaikan sosial media kala itu dan menjadi tren dikombinasikan dengan lip case.

Rhode dan Cara Unik Pemasarannya

Status Hailey sebagai selebritas tentu ikut andil dalam pemasaran produknya, banyak penggemar yang bisa dipastikan akan mendukung Rhode. Akan tetapi, apabila hanya mengandalkan statusnya sebagai selebritas, Rhode pasti tidak akan bertahan lama di industri kecantikan. Untuk itu Rhode menggunakan berbagai ide strategi yang fresh dalam memasarkan dan menciptakan hype dalam produknya.

Desain Produk yang Minimalis 

Rhode menggunakan kemasan produk yang terlihat minimalis, dengan pemilihan warna pastel yang lembut. Menyesuaikan dengan kecenderungan pada zaman sekarang, dimana orang-orang lebih suka warna-warna yang cenderung natural. Kemasan dari Rhode merepresentasikan tren masa kini dengan bentuk yang juga terlihat minimalis namun tetap mewah, mendobrak standar kemasan produk kecantikan pada umumnya.

Menciptakan Hype dengan Lip Case dan Photo Booth Gratis 

Rhode meluncurkan Peptide Lip Tint bersamaan dengan mereka menciptakan hype dengan lip case yang juga dikomersialkan. Ide yang baru dan menarik di dunia kecantikan, dengan menggabungkan dua benda yang bisa dibilang menunjang penampilan dan gaya hidup saat ini. Lip case tersebut segera menarik perhatian warganet dan menjadi tren kemudian banyak ditiru dimana-mana. Selain itu, Rhode juga menawarkan pengalaman baru dan unik untuk mendapatkan produknya secara gratis, mereka mendirikan photo booth di beberapa tempat kemudian memberikan produk berupa Peptide Lip Tint secara gratis kepada siapa pun yang datang, pengunjung berhak dan bebas memilih varian dari Peptide Lip Tint apa pun dengan hanya berfoto di photo booth tersebut.

Kolaborasi dengan Krispy Kreme dan Erewhon 

Rhode berkolaborasi untuk meluncurkan edisi terbatas produk barunya yang terinspirasi dari Krispy Kreme dalam tema “Strawberry Glaze”, lagi-lagi cara komunikasi Rhode dengan konsumen cukup unik, mengaitkan rasa makanan dengan produk yang mereka miliki. Selain itu, kolaborasi tersebut bukan tidak mungkin dapat menarik lebih banyak konsumen lain untuk tertarik terhadap Rhode.Kecantikan dan kesehatan berjalan beriringan, Rhode juga melakukan kolaborasi dengan Erewhon dalam menciptakan “Hailey Bieber’S Strawberry Glaze Skin Smoothie” yang menarik dalam bagaimana penyampaian citra produk dari Rhode.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun